Selasa 04 Jun 2024 20:22 WIB

Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatra, PLN Janji Normal Selasa Malam

PLN minta maaf atas padamnya listrik akibat gangguan sistem transmisi

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi listrik padam. PLN minta maaf atas padamnya listrik akibat gangguan sistem transmisi
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Ilustrasi listrik padam. PLN minta maaf atas padamnya listrik akibat gangguan sistem transmisi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG— PT PLN menyebutkan normalisasi aliran listrik di semua wilayah distribusi Sumbagsel yang terdampak gangguan transmisi SUTT 273 KV Linggau-Lahat, tuntas pada Selasa malam ini.

"Secara bertahap sedang dilakukan upaya penormalan, target kami bisa pulih malam (Selasa) ini," kata Manajer Komunikasi & TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Iwan Arissetyadhi di Palembang, Selasa (4/6/2024). 

Baca Juga

Gangguan transmisi terjadi pada sistem transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat. Sistem transmisi itu merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatra.

Ia menjelaskan transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat merupakan jaringan bleed system yang saling terhubung dan mencakup beberapa wilayah di Sumatra. Sehingga, ketika sistem transmisi terjadi gangguan maka dampaknya ke banyak daerah di Sumatra.

Dampak gangguan listrik terjadi di Sumsel, Lampung, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu. Untuk wilayah provinsi lain di Sumatra, seperti Sumatra Barat dan Riau, pihaknya mengaku belum mendapat informasi terganggu.

Sementara itu sebagian pelanggan di Kota Palembang pada Selasa malam pukul 19.00 WIB masih ada yang belum menyala. Demikian juga di sejumlah daerah terdampak lainnya.

Normalisasi jaringan distribusi listrik tidak bisa dilakukan sekaligus untuk menjaga stabilitas pasokan dan kapasitas jaringan distribusi.

Akibatnya, sejumlah warga harus menggunakan senter atau alat penerang bertenaga baterai agar tetap bisa beraktivitas. Selain itu sejumlah warga juga mengaku kehabisan baterai untuk ponsel maupun laptop kerja mereka.

Selain itu aktivitas warga yang menggunakan arus listrik juga terhenti menunggu aliran listrik kembali tersambung ke tempat mereka.

"Ya sejak pukul 11.00 WIB, tempat fotokopi kami tidak bisa beroperasi karena mati listrik, ya mau bagaimana lagi semoga cepat pulih," kata salah seorang operator fotokopi di dekat Kampus Universitas Sriwijaya.

Mereka mengakui tidak punya genset sehingga tidak ada back up. Lain halnya mereka yang memiliki back up genset seperti minimarket yang tetap beroperasi dengan listrik genset, meski mereka bekerja dengan suara bising suara mesin genset.

"Meski berisik dari genset ya Alhamdulillah masih bisa beroperasi, tapi semoga cepat pulih," kata seorang kasir Indomaret di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara Palembang.

Di lokasi terpisah...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement