Rabu 05 Jun 2024 07:45 WIB

PPIH Dapat Kiriman 100 Kursi Roda untuk Jamaah Haji Lansia

Kursi roda ini menjadi bukti komitmen PPIH menjalankan program haji ramah lansia.

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Hasanul Rizqa
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Makkah membantu calon haji Indonesia gelombang kedua kloter JKG-27 yang berkursi roda setibanya di hotel di Makkah, Arab Saudi, Jumat (24/5/2024). PPIH Arab Saudi menyatakan pada Jumat 24 Mei terdapat 14 kloter jemaah Indonesia gelombang kedua yang akan tiba secara bertahap di Makkah dari Jeddah.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Makkah membantu calon haji Indonesia gelombang kedua kloter JKG-27 yang berkursi roda setibanya di hotel di Makkah, Arab Saudi, Jumat (24/5/2024). PPIH Arab Saudi menyatakan pada Jumat 24 Mei terdapat 14 kloter jemaah Indonesia gelombang kedua yang akan tiba secara bertahap di Makkah dari Jeddah.

Laporan jurnalis Republika KARTA RAHARJA UCU dari Madinah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menerima kiriman 100 kursi roda dari pusat. Kiriman ini dalam rangka mendukung program Haji Ramah Lansia dari Pemerintah Indonesia.

Baca Juga

Kiriman 100 kursi roda tersebut tiba bersama Kloter JKG 42 di Bandara Jeddah, 31 Mei 2024. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Abdillah, saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) memastikan semua kursi roda telah diterima dalam kondisi lengkap dan siap didistribusikan.

“Alhamdulillah, kami telah menerima seratus kursi roda dari PPIH pusat yang diangkut bersamaan dengan kloter JKG 42. Semua barang telah kami cek dan kondisinya lengkap,” ujar Abdillah.

Menurut dia, sebanyak 100 kursi roda tersebut dikirimkan menggunakan truk dan diangkut menuju daerah operasional yang membutuhkan. Abdillah berkata, kursi roda akan sangat vital dalam pelaksanaan program Haji Ramah Lansia, terutama selama operasional di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

“Kami memastikan bahwa kursi roda ini akan membantu para lansia dalam melaksanakan ibadah haji dengan lebih nyaman,” ucap Abdillah.

Tim Daker Mekkah, kata dia, akan mengatur pendistribusian dan penggunaan kursi roda. Semuanya, demi memastikan setiap lansia yang membutuhkan dapat menggunakannya.

Tambahan kursi roda ini menjadi bukti komitmen PPIH Arab Saudi untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi jamaah haji lansia. Selain itu, PPIH juga memastikan jamaah haji lansia dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan tanpa hambatan. “Insya Allah, dengan dukungan fasilitas ini, kami dapat mensukseskan program Haji Ramah Lansia,” kata Abdillah.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) RI mengungkapkan, operasional pemberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci masih berlangsung. Proses ini akan terus dilakukan hingga hari terakhir, yakni tanggal 10 Juni 2024.

Menurut anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda, per hari kemarin, sudah 80 persen dari total jamaah haji reguler RI sebanyak 213.320 orang tiba di Makkah al-Mukrrahmah, Arab Saudi. Layanan jamaah pun mulai terkonsentrasi di kota suci tersebut.

“Sejalan dengan itu, PPIH terus mengintensifkan persiapan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” kata Widi Dwinanda dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Selasa (4/06/2024).

Widi menyampaikan, seiring persiapan yang dilakukan PPIH untuk puncak haji mendatang, jamaah agar mempersiapkan diri sebaik mungkin terutama kesiapan kesehatan fisik.

“Jamaah dapat memaksimalkan  mushola hotel dan masjid sekitar hotel untuk aktivitas ibadahnya. Membatasi bepergian ke luar hotel dan sholat di Masjidil Haram yang saat ini mulai padat oleh jamaah haji dari seluruh dunia,” terang dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement