Senin 01 Jul 2019 07:54 WIB

Saat Pintu Gerbang Kastil Batavia Jadi Milik Australia

Pintu gerbang tak sampai ke Batavia karena kapal yang membawanya dari Belanda nyasar.

Red: Karta Raharja Ucu
Kastil Batavia Dihancurkan
Foto: Perpusnas
Kastil Batavia Dihancurkan

Pintu gerbang Kastil Batavia bagian utara, hingga kini masih menjadi koleksi Museum Geraldtom, Australia Barat. Pintu gerbang itu tidak pernah sampai ke Batavia lantaran Kapal Batavia yang mengangkutnya dalam pelayarannya dari Belanda, nyasar ke Australia dan akhirnya karam di Morning Reef Pulau Abrolhos, 60 km dari Geraldton pada 4 Juli 1629.

Puluhan awak Kapal Batavia dilaporkan meninggal dunia karena tenggelam. Karamnya kapal diduga kuat karena keteledoran Kepala Kelasi Jan Evertsz. Ketika kembali ke Batavia, Evertsz ditangkap dan dieksekusi karena kesalahannya tersebut.

Kastil Batavia memiliki dua gerbang, selatan dan utara. Gerbang selatan memiliki banyak nama, yakni Amsterdamsche poort (Gerbang Amsterdam), Pinangpoort (Gerbang Pinang) atau Kasteelpoort. Gerbang selatan adalah pintu utama menuju Kota Batavia untuk penumpang kapal yang baru berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sementara gerbang yang tidak pernah sampai ke Batavia itu adalah untuk gerbang sebelah utara atau disebut Batavia Portico.  Gerbang selatan dan utara untuk Kastil Batavia memang dibuat di Belanda. Gerbang selatan yang lebih dulu rampung pengerjaannya, langsung dikirim dan sampai dengan selamat ke Batavia. Namun berbeda dengan gerbang utara yang nyasar.