Rabu 05 Jun 2024 16:01 WIB

Menteri LHK Ajak Teladani Kerja Lingkungan Penerima Kalpataru

Menteri LHK beri penghargaan Kalpataru kepada 10 orang dan kelompok.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pemberian penghargaan Kalpataru.
Foto: KLHK
Ilustrasi pemberian penghargaan Kalpataru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyoroti masih ada pola pikir di masyarakat untuk mengeksploitasi sumber daya alam tanpa memikirkan keberlanjutan sehingga masyarakat didorong mencontoh upaya pelestarian para penerima Kalpataru.

"Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak persepsi dan pola pikir free riders terhadap sumber daya alam, artinya karena sumber daya alamnya ada kita pakai saja, kira-kira seperti itu bahasa mudahnya. Ketimbang sikap untuk menjaga dan melestarikan lingkungan," ujar dia dalam acara Penganugerahan Kalpataru 2024 di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Dia menyebut pemberian penghargaan lingkungan Kalpataru 2024 pada hari ini kepada 10 individu dan kelompok yang berjasa dalam upaya pelestarian lingkungan membuktikan masih banyak pejuang lingkungan di Indonesia yang mengabdi untuk lingkungan hidup.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi atas dedikasi dan konsistensi kerja mandiri dan melembaga yang dilakukan para penerima Kalpataru tersebut untuk memberikan dampak terhadap lingkungan di wilayah masing-masing. "Ini patut untuk dijadikan teladan bagi masyarakat kita secara luas," katanya.