Kamis 06 Jun 2024 08:34 WIB

Ini Perolehan Caleg Muslim di Pemilu India, Makin Miris

Partai nasionalis Hindu dan sekuler sama-sama menjauhi pemilih Muslim.

Red: Fitriyan Zamzami
mat Islam mengantri untuk memberikan suara mereka pada tahap ketujuh dan terakhir pemilu nasional, di Varanasi, India, Sabtu, 1 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Rajesh Kumar Singh
mat Islam mengantri untuk memberikan suara mereka pada tahap ketujuh dan terakhir pemilu nasional, di Varanasi, India, Sabtu, 1 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Pemilihan umum legislatif India sudah memasuki akhir perhitungan. Bagaimana perolehan suara para calon legislatif (caleg) Muslim di tengah sentimen nasionalisme Hindu yang mesih juga belum mereda di India?

Hasil perhitungan komisi pemilihan umum India sejauh ini menunjukkan bahwa dari 78 kandidat Muslim yang mengikuti Lok Sabha, sebutan untuk pileg India, 2024, hanya 24 kandidat yang berhasil menang di seluruh negeri. Ini melanjutkan tren yang terus menurun selama bertahun-tahun.

Baca Juga

Ketika Perdana Menteri Narendra Modi dengan sentimen anti-Islamnya mengambil alih kekuasaan pada tahun 2014, parlemen kala itu memiliki 30 anggota parlemen Muslim. Pada tahun 2019, hanya 26 kandidat Muslim yang terpilih sebagai Anggota Parlemen, masing-masing empat dari Kongres dan TMC, masing-masing tiga dari Partai Bahujan Samaj (BSP) dan Partai Samajwadi (SP), dan masing-masing satu dari Partai Kongres Nasional (NCP) dan Partai Komunis India/Marxis (CPI/M).

Angka ini juga tak proporsional dengan persentase minoritas Muslim di India. Saat ini, ada hampir 200 juta Muslim di India atau 14,2 persen dari populasi. Sementara jumlah caleg Muslim yang terpilih pada pemilu kali ini ini hanya meliputi 4,4 persen dari total 543 kursi.