Kamis 21 Apr 2022 13:00 WIB

Cecillia Icha: Banyak Keteladanan yang Bisa Diambil dari Sosok Kartini

Sosok Kartini telah menjadi inspirasi perempuan Indonesia.

Red: Agung Sasongko
Cecillia Icha
Foto: istimewa
Cecillia Icha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosok Kartini telah menjadi inspirasi perempuan Indonesia. Pahlawan Nasional Indonesia ini berjasa dalam perjuangan hak-hak perempuan di Indonesia.

Bagi Cecillia Icha, salah seorang sekretaris perusahaan teknologi di Indonesia, menilai banyak keteladanan yang bisa diambil dari sosok kartini. "Kartini seorang wanita pemberani dan kuat. Wanita yang berperan lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara utamanya di bidang pendidikan,"kata perempuan yang akrab disapa Cecil ini dalam pesan singkatnya, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga

Abang-None terfavorit di Jakarta pada 2001 ini mengungkap Kartini merupakan pelopor emansipasi wanita yang memperjuangkan pentingnya pendidikan tinggi bagi wanita.

Dikatakan Cecil, dari perjuangan Kartinilah, saat ini muncul sosok Kartini-Kartini baru. Salah satunya menurut Cecil adalah Najwa Shihab.

"Najwa Shihab selalu berpikir kritis dengan keberaninnya mengungkap kebenaran. Sosoknya yang cerdas dan beriwibawa sukses banget menurutku untuk menginspirasi para wanita di luar sana termasuk aku," sebutnya.

Perempuan kelahiran Jakarta Juni 1984 ini berharap perempuan-perempua Indonesia tidak perlu minder atau takut bersaing dalam bidang apapun. "Yang penting bagi saya harus punya semangat tinggi, berkarya dan berkontribusi untuk pekerjaan serta lingkungan sekitar yang positif dalam hidup," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement