Ahad 24 Jan 2016 07:00 WIB

Arsitek Stasiun Beos (Jakarta Kota) Ternyata Meneer Tulungagung

Stasiun Beos beberapa saat setelah diresmikan.
Foto: IST
Stasiun Beos beberapa saat setelah diresmikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota yang lebih dikenal dengan nama Stasiun Beos diabadikan pada 1930 beberapa saat setelah diresmikan. Letaknya di Stationsplein (kini Jalan Pintu Besar Utara), Jakarta Barat.

Stasiun ini dibangun 1928/1929 dan diresmikan operasionalnya pada 8 Oktober 1929. Sebelumnya, stasiun ini berada di halaman depan Stadhuis (Balai Kota) Batavia yang kini menjadi Museum Sejarah Jakarta.

Di depan stasiun terlihat bendera triwarna: merah, putih, dan biru. Foto diambil waktu malam samar-samar, di depannya terlihat rel trem listrik.

Nama Beos berasal dari kata BOS, singkatan dari Bastaviasche Oosterpoorweg Maatchappij, nama salah satu perusahaan kereta api masa kolonial. Entah mengapa, kata BOS oleh lidah Betawi menjadi Beos hingga saat ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement