Ahad 06 Mar 2016 07:00 WIB

Cerita Sukarno dan Obama yang Hidup di Satu Era

Presiden AS Barack Obama dan Presiden pertama RI, Ir Sukarno
Foto: IST
Presiden AS Barack Obama dan Presiden pertama RI, Ir Sukarno

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alwi Shahab

Pada 2010, Presiden AS Barack Obama datang ke Indonesia. Anak Menteng yang pernah tinggal empat tahun di Indonesia, berada tidak sampai 24 jam seperti direncanakan. Hingga ada rumor, dia mempersingkat kunjungan guna menghindari razia karena ada peraturan tiap tamu berkunjung 1 X 24 jam harus lapor ke RT/RW.

Obama pun meninggalkan kesan mendalam lantaran menyelipkan kata-kata dalam bahasa Indonesia ketika menceritakan kesan-kesan selama tinggal di Menteng Dalam, Kecamatan Tebet. Seperti 'pulang kampung nih', 'sate', 'bakso', 'becak' dan 'bemo'. Tak aneh bila Obama terkesan dengan becak dan bemo. Ketika itu keduanya menjadi kendaraan khas Jakarta.

Sebenarnya, bemo baru dikenal di Jakarta pada 1960-an, sedangkan usia becak lebih lama, yaitu sejak 1940-an. Becak pernah menjadi kendaraan angkutan yang sangat dikenal di mancanegara.

Ketika Bung Karno melakukan lawatan ke Amerika Serikat sekitar 1950-an dan dia berkunjung ke Hollywood, artis film terkenal kala itu Jean Simmon, bahkan sempat mengatakan ingin kembali berkunjung ke Jakarta dan naik becak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement