Jumat 07 Jun 2024 04:29 WIB

Tren Kecantikan Ala China Mulai Digemari di Indonesia, Korea Bakal Tergeser?

C Beauty lebih berani bereksperimen dengan riasan yang bold dan dramatis.

Red: Qommarria Rostanti
Make up C Beauty dan K Beauty (ilustrasi). Mungkinkah C Beauty menggeser dominasi kecantikan K Beauty?
Foto: Dok. Freepik
Make up C Beauty dan K Beauty (ilustrasi). Mungkinkah C Beauty menggeser dominasi kecantikan K Beauty?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tren kecantikan Korea Selatan (K Beauty) mendominasi pasar dunia selama bertahun-tahun, termasuk di Indonesia. Namun kini muncul angin segar dalam industri kecantikan di Indonesia dari China yaitu C Beauty (Chinese Beauty) yang mulai merebut perhatian para pecinta kecantikan.

K Beauty menitikberatkan pada riasan yang natural dan flawless, dengan dewy finish dan tampilan youthful. Sementara C Beauty lebih berani bereksperimen dengan riasan yang bold dan dramatis. 

Baca Juga

Dikutip dari laman Jing Daily, pada 25 Desember 2023, Asosiasi Perdagangan Korea Selatan merilis angka mengejutkan tentang C Beauty. Dalam delapan bulan pertama tahun 2023, ekspor kosmetik China ke Korea Selatan melonjak 190 persen. Pada 2015, Korea Selatan melampaui Amerika Serikat dan Jepang sebagai eksportir kosmetik terbesar kedua ke China. Di posisi pertama ada Prancis. Pada tahun yang sama, ekspor kosmetik Korea Selatan ke China meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan tahun 2011, dari 70 juta dolar AS menjadi 700 juta dolar AS. Ekspor produk kecantikan China meningkat lebih dari 10 kali lipat pada 2020.

Berbeda dari stigma terdahulu tentang kosmetik China yang identik dengan harga murah dan kualitas biasa-biasa saja, C Beauty kini hadir dengan wajah baru. Merek-merek C Beauty bertransformasi dengan menawarkan produk berkualitas tinggi, inovatif, dan mengutamakan teknologi terkini.