Jumat 07 Jun 2024 06:04 WIB

Terungkap, Israel Sembunyikan Hancurnya Iron Dome Dihajar Roket Hizbullah

Israel terus dibombardir Hizbullah di front utara.

Red: Fitriyan Zamzami
Penampakan peluncur Iron Dome milik IDF yang hancur dirudal Hizbullah di utara Israel, Rabu (5/6/2024).
Foto: Telegram
Penampakan peluncur Iron Dome milik IDF yang hancur dirudal Hizbullah di utara Israel, Rabu (5/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Pasukan penjajahan Israel terungkap berupaya menutup-nutupi hancurnya satu fasilitas pertahanan udara canggih, Iron Dome, akibat serangan Hizbullah dari Lebanon. Pengungkapan ini menambah keraguan terhadap kemampuan IDF menangani serangan dari Hizbullah jika terjadi perang terbuka.

Hizbullah mengumumkan pada Rabu bahwa mereka telah menyerang sembilan sasaran di Israel. Mereka juga menegaskan bahwa mereka telah menghancurkan platform Iron Dome di barak Ramot Naftali dengan peluru kendali. Selepas pengumuman itu, sensor militer Israel melarang media mempublikasikan kerusakan sistem Iron Dome.

Baca Juga

Kerusakan itu kemudian dilaporkan situs Israel Hadashot Hamot pada Kamis (6/6/2024). Foto-foto yang beredar menunjukkan baterai peluncur Iron Dome yang hancur dan tak bisa lagi berfungsi.

Iron Dome adalah sistem pertahanan udara canggih milik Israel dengan bantuan Amerika Serikat. Sistem rudal otomatis itu dimaksudkan menangkal secara otomatis roket-roket yang menuju Israel. Belakangan, keampuhan senjata pertahanan itu goyah dengan berhasilnya roket, rudal, dan drone menembus wilayah Israel.