Jumat 02 Apr 2021 20:20 WIB

Menang Dramatis Atas Persiraja, Persib Juarai Grup D

Persib mengalahkan Persiraja Banda Aceh 2-1 lewat gol injury time.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Penyerang Persib Wander Luiz melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja pada pertandingan lanjutan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (2/4).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Penyerang Persib Wander Luiz melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persiraja pada pertandingan lanjutan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (2/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Persib Bandung berhasil melaju ke babak perempat final Piala Menpora 2021. Maung Bandung tampil sebagai juara Grup D setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh secara dramatis dengan skor 2-1 pada laga terakhir grup di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (2/4) malam. 

Persib hanya butuh hasil imbang untuk lolos, sementara Persiraja mengincar kemenangan demi memastikan satu tempat di perempat final. Masing-masing kubu saling menekan sejak menit awal. 

Baca Juga

Namun hingga 20 menit pertama, kedua tim gagal memanfaatkan peluang. Persib cenderung menyusun serangan dari sayap lewat Febri Hariyadi. 

Usaha Febri pun membuahkan hasil. Umpan lambungnya di menit ke-25 berhasil dituntaskan lewat tandukan Wander Luiz sehingga membuka keunggulan untuk Maung Bandung. 

Persiraja sempat mendapat peluang lewat tendangan bebas dari jarak dekat yang diambil Silvio Escobar pada menit ke-42. Namun , tendangannya tidak menemui sasaran karena terlalu melebar ke sisi kanan gawang Persib yang dijaga Teja Paku Alam.

Febri hampir menggandakan keunggulan pada injury time. Namun, solo run Febri berujung bola melenceng ke sisi kiri gawang. Tidak ada gol tambahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Frets Butuan langsung menekan lewat tusukan di dalam kotak penalti. Namun, percobaannya masih bisa dibendung Fakhrurazi.

Ferdinand Sinaga juga melancarkan tekanan. Meski demikian, sepakannya masih bisa dibendung kiper lawan.

Paruh kedua sempat melandai selama 40 menit sebelum Assanul Rizal memberi kejutan di menit ke-89. Sundulannya berhasil merobek jala Persib.

Persib sebenarnya tetap lolos dengan hasil imbang. Namun Ferdinand Sinaga memastikan Persib mengakhiri laga dengan kemenangan. Ia menuntaskan operan terukur Beckham Putra pada injury time untuk membuat skor menjadi 2-1.

Kemenangan membuat Persib memimpin klasemen Grup D dengan tujuh poin. Skuad Maung Bandung melenggang ke fase berikutnya bersama Bali United yang mengoleksi nilai lima setelah ditahan imbang Persita Tangerang pada laga yang berlangsung sore.

Susunan Pemain

Persib Bandung: Teja; Henhen, Victor, Kuipers, Zalnando Febri, Dedi, Farshad, Freds, Wander, Ezra

Persiraja Banda Aceh: Fakhrurazi; Kasim, Tri Rahmad, Asep Budi, Rendy, Ousmane, Assanur, Defri, Hamdi, Escobar, Gabriel

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement