Senin 29 Aug 2022 22:22 WIB

Livescore Liga 1; PSM Makassar Tindas Persib Bandung 5-1

Persib tak berdaya di Makassar.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Persib Bandung.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Persib Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PSM Makassar melanjutkan tren positif usai melibas Persib Bandung dengan skor 5-1 pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023, yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Sulsel, Senin (29/8/2022) malam.

Empat dari lima gol Juku Eja dicatatkan lewat brace Yakob Sayuri menit ke-2, ke-51 dan Ramadhan Sananta menit ke-19, menit ke-45+1. Sedangkan gol penutun dicetak Wiljan Pluim menit ke-65.

Baca Juga

Sementara, gol semata wayang tim tamu Persib Bandung hadir melalui Marc Klok pada babak pertama menit ke-32.

Berkat hasil ini PSM melanjutkan tren tidak pernah kalah dalam lima partai terakhir Liga 1. Sekaligus membuat mereka tetap bersaing di posisi atas dengan menduduki kursi ketiga mengoleksi nilai 16 dari enam laga yang baru dimainkan.

Sedangkan bagi Maung Bandung, ini menjadi kekalahan kedua secara beruntun setelah sebelumnya dipermalukan Bali United 2-3. Untuk sementara Persib tercecer di peringkat ke-14 yang baru mengumpulkan nilai tujuh yakni menang dua, seri sekali, dan empat kalah.

Skuad besutan Bernardo Tavares langsung menyengat lewat gol gelandang sayap Yakobo Sayuri. Menerima bola hasil rebound melakukan sepakan plesing, kiper Persib I Made Wirawan tak mampu menepis tembakan pemain 24 tahun itu. Skor 1-0 untuk PSM.

Tertinggal gol, Maung Bandung mencoba menguasai jalannya laga. Namun, kuatnya lini tengah PSM membuat Persib kesulitan mengembangkan permainan.

Sebaliknya, PSM bermain lebih tenang usai unggul dari tim tamu. Ananda Raehan membuka serangan PSM di sisi kiri. Kolaborasi Wiljan Pluim dan Yakob Sayuri mengobrak abrik pertahanan Persib Bandung.

Hasilnya PSM sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-19. Ramadhan Sananta menerima umpan sodoran dari Yakob Sayuri yang dieksekusi menjadi gol.

Yuran Fernandes hampir menambah keunggulan Pasukan Ramang andai saja sundulannya dapat dimaksimalkan pemain PSM lainnya dengan baik.

Persib coba keluar dari tekanan pada menit ke-24. Melalui Ciro Alves dari sisi kiri yang dapat diantisipasi oleh Erwin Gutawa.

Menit ke-29 Persib mengambil inisiatif serangan. Ricky Kambuaya mendapat kesempatan, tetapi sepakannya melebar ke sisi atas gawang PSM.

Persib menerang lagi melalui Ciro Alves dari sisi kiri. Tetapi Erwin Gutawa yang menjaganya sigap memutus aliran bola.

Gol yang dinanti hadir Persib membalas melalui gol dari Marc Klok menit ke-32. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu ditahan kiper Reza Arya Pratama.

Tetapi sebelum wasit meniupkan peluit tanda turun minum PSM Makassar memperlebar keunggulan menjadi 3-1 lewat aksi Ramadhan Sananta. Pemain muda PSM itu melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh, untuk membawa PSM Makassar unggul 3-1 atas Persib bandung di babak pertama.

Memasuki interval kedua Persib mencoba menambah daya gedor dengan menggantikan Dedi Kusnandar sementara Frets Butuan masuk. Maung Bandung terus mencoba mengambil inisiatif serangan, tetapi kerap menemui kebuntuan.

Di sisi lain, PSM lagi-lagi menghukum tim tamu melalui aksi winger kiri Yakob Sayuri. Kali ini, ia melakukan pergerakan ciamik dari sisi kiri menusuk ke dalam, mengecoh pertahanan Persib, lalu melepaskan tembakan mendatar ke arah kanan.

I Made tak mampu menyelamatkan bola. Persib pun harus kebobolan untuk kali keempat.

Mimpi buruk Persib belum berakhir. Pada menit ke-64, I Made tak sengaja melakukan handball setelah tubuhnya keluar luar kotak penalti saat menangkap bola. Situasi ini berbuah tendangan bebas untuk PSM di area kiri dan berhasil dimanfaatkan menjadi gol kelima.

Umpan lambung Rasyid Bakri dapat ditanduk oleh Pluim yang membawa Juku Eja unggul 5-1. Persib menolak menyerah walau selisih skor kini sudah menjadi empat gol.

Unggul skor telak membuat PSM menurunkan tempo permainan hingga akhirnya sukses mempertahankan skor 5-1 sampai peluit panjang berbunyi.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement