Jumat 02 Sep 2022 18:23 WIB

Livescore Liga 1: Bali United Taklukkan Bajul Ijo di Surabaya

Dengan hasil ini, Bali United naik ke peringkat kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Bali United.
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Bali United.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Persebaya Surabaya gagal mempertahankan tren positif saat menjamu Bali United pada pekan ke-8 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/9/2022) sore WIB. Bajul Ijo harus menerima kekalahan di hadapan pendukung sendiri ketika laga berakhir dengan skor 1-0 untuk Bali United. 

Tambahan tiga poin membawa Bali United naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan perolehan 18 poin. Jumlah yang sama dimiliki Borneo FC, tapi Borneo punya selisih gol lebih banyak. Tim asuhan Stefano 'Teco' Cugurra hanya unggul satu poin dari Madura United dan PSM Makassar yang punya jumlah pertandingan lebih sedikit.

Baca Juga

Tuan rumah tampil menyerang sejak menit awal pertandingan. Persebaya menggempur pertahanan Bali United di sepuluh menit pertama. Peluang berhasil dimiliki Marselino Ferdinand dan Sho Yamamoto, tapi penyelesaian keduanya masih bisa digagalkan oleh pertahanan Bali United. 

Tuan rumah mendapat dua peluang sekaligus pada rentang dua menit. Peluang pertama dihasilkan oleh Arief Catur Pamungkas pada menit ke-7 saat menerima umpan silang dari Silvio Junior. Arief Catur melepas tendangan placing ke tiang jauh dari dalam kotak penalti, tetapi masih melambung.

Dua menit berselang, kerja sama Alwi Slamat dan Sho Yamamoto menciptakan momen bahaya di pertahanan Bali United. Alwi memberikan terobosan kepada Sho yang siap berlari ke kotak penalti. Setelah menerima sodoran Alwi Slamat, Sho langsung melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, upayanya hanya melintas di atas mistar gawang.

Sementara itu, Bali United bermain lebih sabar dengan tidak terlalu sering menekan ke area pertahanan Persebaya. Tim asuhan Stefano 'Teco' Cugurra lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat untuk menciptakan peluang. Meski Persebaya mendominasi penguasaan, Bali tetap mampu memberikan ancaman ke gawang tuan rumah.

Tim berjuluk Serdadu Tridatu pun mampu mencuri keunggulan di menit ke-32. Serangan Bali menciptakan kemelut di kotak penalti Persebaya. Bola liar kemudian disambar oleh Eber Bessa dan itu masih bisa ditepis oleh Satria. Tapi bola rebound masih berhasil disambut oleh Privat Mbarga yang langsung melepaskan tendangan sebelum kiper sempat bangkit. Skor 1-0 untuk Bali United. 

Di menit-menit akhir babak pertama Bali hampir menggandakan keunggulan saat Rizky Pellu berhasil memberikan umpan terobosan kepada Yabes Roni ke tengah kotak penalti. Tapi sontekannya ketika berhadapan satu lawan satu dengan kiper Satria Tama masih meleset tipis di sisi kiri gawang. Skor tidak berubah dengan keunggulan Bali United saat turun minum.

Di babak kedua, Bali United yang sudah unggul tampil menekan sejak menit awal. Mereka bahkan mampu menciptakan peluang saat Mbarga mendapat umpan di tengah kotak penalti dari Eber. Tapi tembakan langsung Mbarga masih meleset dari sasaran sehingga hanya menghasilkan tendangan kiper.

Persebaya berhasil menceploskan bola ke gawang Bali United di menit ke-55. Silvio Junior menjadi motor serangan, memberikan umpan satu dua dengan beberapa pemain Bajul Ijo untuk mencari ruang kosong. Ia akhirnya menemukan Sho yang berlari masuk dari sisi kiri kotak penalti dan berhasil menjebol gawang Bali, tapi gol itu dianulir karena Sho sudah berada dalam posisi offside.

Selanjutnya, peluang kembali dimiliki Persebaya di menit ke-68 melalui situasi tendangan sudut. Leo Lelis berhasil menyambut tendangan sudut dengan tandukkan ke bagian atas gawang tapi Nadeo mampu melakukan penyelamatan penting untuk menepis bola keluar. Persebaya masih harus mencari cara lain untuk menyamakan kedudukan. 

Persebaya terus menekan untuk mengejar ketertinggalan mereka. Di menit ke-81 Persebaya mendapat peluang emas ketika Januar Eka melepaskan umpan ke tengah kotak penalti, Ahmad Nufiandani yang berdiri tanpa penjagaan punya peluang emas untuk melepaskan tembakan keras ke gawang. Namun sayang bagi Persebaya tembakannya melebar jauh dari sasaran.

Perjuangan Tuan Rumah terus berlanjut, serangan demi serangan dilancarkan ke area pertahanan Bali. Peluang lainnya kembali dimiliki Persebaya di menit ke-88 saat Rizky Ridho berdiri bebas di luar kotak penalti. Ia yang melihat ruang langsung melepaskan tembakan ke gawang, tapi masih dapat ditahan oleh bek dan berakhir dalam pelukan Nadeo. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement