Jumat 07 Jun 2024 17:50 WIB

Dradjad: Prabowo Berkomitmen Penuh Lanjutkan IKN

Program makan bergizi juga menjadi ikon Prabowo.

Red: Joko Sadewo
Presiden RI Joko Widodo saat berada di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).  foto ilustrasi
Foto: Dok Republika
Presiden RI Joko Widodo saat berada di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo, mengatakan, Prabowo berkomitmen penuh melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).  Program IKN dan Program Makan Siang Gratis akan dijalankan Prabowo.

Hal ini disampaikan Dradjad menanggapi isu Prabowo tidak berkomitmen untuk meneruskan proyek IKN, dan lebih memperhatikan program makan siang gratis. “Ini kan sudah perintah UU. Selain itu, Wapres nya kan mas Gibran, sementara IKN itu salah satu legasi terbesar Presiden Jokowi,” kata Dradjad, Jumat (7/6/2024). 

Kalau kemudian ada gosip macam-macama, kata Dradjad, biarkan saja. “Kalau ada gosip ini itu yo wis ben. Tidak produktif jika kita kebanyakan mengkonter gosip,” kata Dradjad, yang juga Ketua Dewan Pakar PAN ini. 

Ditambahkannya, program makan bergizi memang menjadi ikon Presiden Terpilih Prabowo. Jadi wajar jika program tersebut mendapat perhatian besar. 

Makan bergizi dan IKN, menurut Dradjad, bukan dua program yang berkompetisi. “Dua-duanya akan dijalankan, demikian juga dng program swasembada pangan dan energi, penyediaan air, hilirisasi, peralihan ke energi hijau, pembangunan / peningkatan rumah sakit berkualitas tinggi di kabupaten dan sebagainya. Dana APBN akan disediakan seoptimal mungkin, tentu sebagian akan dibiayai investasi swasta,” papar Dradjad.

Meski demikian, menurut Dradjad, syarat necessary but not sufficient bagi keberhasilan program-program tersebut adalah: pendapatan negara, pendapatan negara dan pendapatan negara. “Itu wajib digenjot secara signifikan,” ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement