Sabtu 08 Jun 2024 16:20 WIB

Abah Guru Sekumpul, Ulama Karismatik dari Kalsel

Abah Guru Sekumpul merupakan seorang ulama karismatik dan juga mursyid tarekat.

Red: Hasanul Rizqa
Abah Guru Sekumpul
Foto: jatman.or.id
Abah Guru Sekumpul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khususnya di Kalimantan Selatan, Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disapa Abah Guru Sekumpul merupakan seorang ulama karismatik. Ia juga dikenang sebagai pengajar (mursyid) Tarekat Sammaniyah.

Beberapa sumber menyebutkan, tokoh yang pertama kali membawa Tarekat Sammaniyah ke Kalimantan adalah Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, yang juga kakek moyang dari Abah Guru Sekumpul. Salah satu fokus ajaran dalam kelompok sufi tersebut adalah pentingnya berzikir kepada Allah.

Baca Juga

Di Martapura dan sekitarnya, Abah Guru Sekumpul mengajarkan tarekat Sammaniyah kepada para muridnya, setidaknya sejak tahun 1994. Sang alim memiliki sejumlah pengikut, yang kemudian meneruskan ajarannya. Di antara mereka adalah KH M Syukeri Unus (Amuntai), KH Sofyan Noor bin Haji Ahmad Sya'rani, KH Syamsuri bin Haji Muhrid, dan KH Munawar Gazali.

Sejak era 1970-an, pengajian-pengajian yang digelar Abah Guru Sekumpul kental akan nuansa Tarekat Sammaniyah. Kegiatan keagamaan ini dilaksanakan setiap pagi Rabu, Kamis dan Ahad, serta pada malam Rabu, Sabtu dan Ahad.