Rabu 12 Jun 2024 13:28 WIB

Jatuh Bangun Usaha Skincare Lokal Terimbas Pandemi, Bangkit Berkat Marketing Tradisional

Saat ini industri skincare di Indonesia persaingannya cukup ketat

Red: Arie Lukihardianti
Skincare (Ilustrasi)
Foto: Freepik
Skincare (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Saat ini brand skincare asli Indonesia kini tengah menjadi sorotan di TikTok dan diakui oleh banyak beauty enthusiast salah satunya adalah Mirukaku. Ternyata, Mirukaku ini, lahir dari seorang karyawan yang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan kosmetik. Termasuk, di salah satu brand kosmetik Korea yang terkenal. Memulai karir dari bawah sampai menjabat sebagai seorang manajer di perusahaan kosmetik, membuat sebuah ide dan inspirasi muncul untuk mendirikan bisnis kosmetiknya sendiri. 

Menurut Owner Mirukaku, Yuliandi, ia berbisnis skincare karena ingin berkembang dan berusaha di atas kakinya sendiri. Kemudian, dirinya bekerja sama dengan beberapa teman dan mulailah proses perencanaan dan percobaan sampai terlahir satu produk unggulan yang kini melambungkan namanya, yaitu Mirukaku C-DHA Gold Serum Brightening Effect. Sayangnya, hal ini tidak bertahan lama karena pandemi COVID-19 yang melanda, sehingga pada tahun 2020 Mirukaku sempat vakum dan hanya menjadi bisnis sampingan.

Baca Juga

"Tapi pada 2023, kami kembali mengalami kebangkitan dengan tekad yang kuat, yakni dengan mulai memasarkan produknya yang diawali dengan proses marketing tradisional," ujar Yuliandi, kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Yuliandi menjelasakan, proses marketing tradisional itu dengan mengandalkan reseller kecil dan promosi langsung kepada konsumen. Hingga akhirnya, berkembang dengan serius sampai ranah marketing modern yang juga bekerja sama dengan iBooming, platform digital marketing untuk melakukan pemasaran digital secara luas dan terukur.