Rabu 12 Jun 2024 14:52 WIB

Kota Solo Dapat Tujuh Sapi Kurban dari Presiden Jokowi 

Ketujuh sapi Jokowi tersebut akan didistribusikan ke masjid dan pesantren di Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Zuli Nuryanto peternak sapi menunjukkan sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kurban di Idul Adha 2024.
Foto: Dok Polres Bantul
Zuli Nuryanto peternak sapi menunjukkan sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kurban di Idul Adha 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Jokowi memberikan sejumlah sapi kurban ke sejumlah masjid dan pondok pesantren di Kota Solo pada hari raya Idul Adha tahun ini. 

"Untuk sapi kurban banpres tahun ini untuk kota Solo menerima tujuh ekor sapi. Tahun ini didistribusikan di tujuh tempat," kata Samsu Tri Wahyudin selaku Kabag Kesra Kota Solo, Rabu (12/6/2024). 

 

Pihaknya menjelaskan sapi Jokowi tersebut akan didistribusikan ke Masjid Agung Kota Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Masjid Tegalsari. Sedangkan di pondok pesantren sapi kurban akan dibagikan ke Pondok Pesantren Ponpes Al Qur'aniyy, Ponpes Yatim Piatu Al-Ikhsan Mojosongo, dan Ponpes Al Muayyad. 

 

Pihaknya mengatakan jumlah sapi kurban Jokowi untuk kota Solo lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2023 Jokowi berkurban lima sapi. "Tahun lalu ada lima sapi, ini tambah dua," katanya. 

 

Dari informasi yang ia terima sapi kurban Jokowi tersebut kebanyakan berjenis Limosin dan Simental. Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan sapi kurban tersebut sudah dilakukan oleh dinas provinsi Jawa tengah. 

 

"Jenisnya sapinya itu mayoritas simental sama Limosin bukan PO. Pemeriksaan hewannya sudah dilaksanakan oleh dinas peternakan provinsi Jateng kerjasama dinas kab kota tempat sapi itu dipelihara," katanya. 

 

"Kalau persiapan dilakukan oleh setpres sama kementrian pertanian kita hanya menerima bersih saja untuk penerimaannya sapi, untuk ceremony dan penandatanganan saja," katanya mengakhiri. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement