Rabu 12 Jun 2024 15:24 WIB

'Darah dan Tulang', Begini Kekejaman Israel Terhadap Anak-Anak Palestina Menurut PBB

Penderitaan anak-anak Gaza melampaui pernderitaan anak-anak sedunia.

Red: Fitriyan Zamzami
Anak-anak Palestina yang terluka akibat pemboman Israel di Jalur Gaza dirawat di Rumah Sakit al-Aqsa di Deir al Balah, Ahad, 9 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Saher Alghorra
Anak-anak Palestina yang terluka akibat pemboman Israel di Jalur Gaza dirawat di Rumah Sakit al-Aqsa di Deir al Balah, Ahad, 9 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Laporan PBB menunjukkan masifnya pelanggaran berat terhadap hak anak-anak di Gaza, Tepi Barat dan Israel. Kekejaman yang dialami anak-anak Palestina melampaui yang dihadapi anak-anak sedunia setahun belakangan.

Hal itu terungkap dalam laporan PBB yang akan diterbitkan pekan ini. The Guardian melansir, laporan itu memverifikasi lebih banyak kasus kejahatan perang terhadap anak-anak di wilayah pendudukan dan Israel dibandingkan di tempat lain, termasuk Republik Demokratik Kongo, Myanmar, Somalia, Nigeria dan Sudan.

Baca Juga

“Israel dan Wilayah Pendudukan Palestina menghadirkan skala dan intensitas pelanggaran berat terhadap anak-anak yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata laporan itu.

Laporan tersebut hanya merinci kasus-kasus yang dapat diverifikasi oleh penyelidik PBB. Artinya, laporan tersebut hanya mencakup sebagian dari jumlah total kematian dan cedera anak-anak sepanjang tahun lalu.