Rabu 12 Jun 2024 16:11 WIB

Setelah Akui Negara Palestina, Spanyol Mulai Warning Israel, Begini Pesannya

Spanyo menyebut konflik kemanusiaan di Gaza sangat merusak hukum internasional.

Red: Mas Alamil Huda
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berbicara selama KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Selasa, 15 November 2022. Spanyo resmi mengakui negara Palestina.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara, Pool
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berbicara selama KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Selasa, 15 November 2022. Spanyo resmi mengakui negara Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, OVEIDO - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Selasa (11/6/2024) mengatakan bahwa bencana dan konflik kemanusiaan di Gaza sangat merusak hukum internasional, sistem multilateral, dan tata kelola yang berbasis aturan. Saat berbicara dalam konferensi Respons Kemanusiaan Darurat untuk Gaza di Yordania, Sanchez meminta Israel dan Hamas untuk bertindak secara bertanggung jawab.

"Manfaatkan kesempatan untuk mencapai perdamaian," katanya, mengacu pada resolusi gencatan senjata AS yang pada Senin (10/6/2024) memperoleh dukungan dari Dewan Keamanan PBB. "Kita harus meningkatkan tekanan untuk gencatan senjata," kata Sanchez menambahkan.

Baca Juga

Dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah Spanyol tidak hanya mengakui Negara Palestina, tetapi juga mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan kasus genosida yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ).

Saat berpidato pada Selasa, Sanchez membela keputusannya untuk bergabung dengan kasus ICJ tersebut dengan mengatakan bahwa putusan sela ICJ yang berkekuatan hukum mengikat, yaitu agar serangan di Rafah dihentikan dan akses bantuan internasional dibuka, ternyata diabaikan dan tidak dihormati. "Hukum internasional harus berlaku," kata Sanchez.

Dia menekankan bahwa situasi di Gaza "lebih kritis sekarang dibanding sebelumnya" dan Spanyol akan mendukung peningkatan aliran bantuan ke wilayah tersebut.

Sanchez mengatakan, pada 2023, Spanyol menambah hingga tiga kali lipat bantuannya untuk Palestina menjadi 50 juta Euro (sekitar Rp 875,6 miliar), serta mengumumkan bantuan tambahan senilai 16 juta Euro (sekitar Rp 280,2 miliar) untuk 2024.

Sebagai bagian dari usulannya untuk secara efektif mengirimkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Palestina, dia mengatakan bahwa bantuan pembangunan juga harus mendukung Otoritas Palestina dan solusi dua negara.

"Hari ini saya berdiri di hadapan Anda dengan keyakinan bahwa rakyat kami mengharapkan kita semua untuk bersama-sama mewujudkan hasil dan tindakan konkret untuk menghentikan penderitaan di Gaza dan membangun masa depan perdamaian yang lebih baik di Timur Tengah," tambahnya.

Menurut Yordania, Mesir, dan PBB -sebagai penyelenggara konferensi tersebut- tujuan pertemuan tingkat tinggi itu adalah untuk mencapai konsensus mengenai langkah-langkah praktis guna memenuhi kebutuhan mendesak di Gaza. Perwakilan dari puluhan negara di seluruh dunia ambil bagian dan akan mengadakan konferensi pers bersama pada sore hari.

Pidato Sanchez umumkan akui Palestina. Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

photo
Sejarah Perlawanan Palestina - (Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement