Rabu 12 Jun 2024 16:11 WIB

Setelah Akui Negara Palestina, Spanyol Mulai Warning Israel, Begini Pesannya

Spanyo menyebut konflik kemanusiaan di Gaza sangat merusak hukum internasional.

Red: Mas Alamil Huda
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez berbicara selama KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, Selasa, 15 November 2022. Spanyo resmi mengakui negara Palestina.
Foto:

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada Selasa (28/5/2024) mengatakan bahwa pemerintahnya akan menyetujui langkah untuk secara resmi mengakui negara Palestina. "Ini adalah keputusan bersejarah yang memiliki satu tujuan -- untuk berkontribusi dalam mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina," katanya dalam pidatonya di Madrid.

Sanchez mencatat bahwa Spanyol akan mengakui negara Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967, hanya mengakui perubahan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

"Meski Spanyol tidak berhak menentukan perbatasan negara lain, posisi kami sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB, ... dan dengan posisi yang secara tradisional dipegang oleh Uni Eropa," katanya.

Sanchez menjelaskan bahwa negara Palestina harus mampu berdiri dengan Tepi Barat dan Gaza terhubung dengan koridor dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.