Rabu 12 Jun 2024 19:09 WIB

Kemenkominfo Dorong Penerapan Tranformasi Digital untuk Pembudidaya Ikan di Sukabumi

Program pembudidaya digital di Sukabumi menjadi program kolaborasi dengan startup eFishery.

Rep: Arie Lukihardianti bandung 24jam/ Red: Partner
.
Foto: network /Arie Lukihardianti bandung 24jam
.

Pembukaan impelementasi adopsi automatic feeder untuk perikanan budidaya yang digelar<a href= Kemenkominfo di Ruang Pertemuan Hotel Augusta Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024)." />
Pembukaan impelementasi adopsi automatic feeder untuk perikanan budidaya yang digelar Kemenkominfo di Ruang Pertemuan Hotel Augusta Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024).

SUKABUMI--Perkembangan teknologi kini mulai dimaksimalkan dalam berbagai bidang. Salah satunya penggunaan teknologi dalam budidaya perikanan yang diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi.

Hal tersebut misalnya dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Dinas Kominfo Kabupaten Sukabumi dan eFishery yang mengembangkan transformasi digital untuk pembudidaya. Caranya dengan menggencarkan program impelementasi adopsi automatic feeder untuk perikanan budidaya di Ruang Pertemuan Hotel Augusta Kabupaten Sukabumi, Rabu (12/6/2024).

'' Program pembudidaya digital di Sukabumi menjadi program kolaborasi dengan startup eFishery serta mendapat dukungan dari Ditjen Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai leading sektor maritim,'' ujar Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, dan Logistik, Ditjen Aptika, Kementerian Kominfo Dikki Rukmana. Di mana Kominfo telah merancang beberapa inisiasi digitalisasi pada enam sektor strategis, salah satunya di sektor maritim.

Sektor strategis maritim diklasifikasikan ke dalam dua macam proses yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya. '' Hari ini kita sudah bisa menggunakan teknologi seperti Automatic Feeder pada proses budidaya perikanan,'' katanya.