Kamis 13 Jun 2024 12:39 WIB

Kapal Rusia ke Kuba, Teringat Saat Dunia di Tubir Perang Nuklir

Perang Dunia III hampir terjadi pada 1962.

Red: Fitriyan Zamzami
Pesawat tempur Skyhawks milik AS yang digunakan dalam operasi Teluk Babi pada 1961.
Foto:

Banyak pemimpin militer cukup yakin bahwa invasi itu akan gagal, namun mereka mengira bahwa Kennedy akan mengirimkan Marinir untuk menyelamatkan para pelarian itu. Akan tetapi, Kennedy tidak menginginkan perang besar-besaran dan meninggalkan para pasukan pelarian.

Sebuah artikel Washington Post, “Soviets Knew Date of Cuba Attack” (Soviet tahu tanggal penyerangan Kuba) (April 29, 2000), menunjukkan bahwa CIA memiliki informasi yang menunjukkan bahwa Uni Soviet mengetahui invasi yang akan dilakukan dan tidak memberitahukannya kepada Kennedy.

Radio Moskow malah menyiarkan siaran berbahasa Inggris pada 13 April 1961, yang meramalkan invasi dalam sebuah rencana yang ditelurkan oleh CIA dengan menggunakan kriminal-kriminal bayaran dalam tempo seminggu. Invasi itu terjadi empat hari kemudian.

Invasi Kennedy ke Teluk Babi ini seringkali dikritik karena menjadikan Castro bahkan lebih populer, menambahkan sentimen-sentimen nasionalistik terhadap dukungan bagi kebijakan-kebijakan ekonominya. Setelah pengeboman B-26 yang pertama, Castro mengumumkan revolusi Marxis-Leninis.