Kamis 13 Jun 2024 22:32 WIB

Dua Taruna TNI akan Ikut Pendidikan di West Point dan Annapolis

Pengiriman taruna TNI ke AS merupakan investasi sangat penting memperkuat hubungan kedua negara.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

Laksamana Samuel Paparo menyalami dua taruna TNI yang akan mengikuti pendidikan akademi militer di AS.
Laksamana Samuel Paparo menyalami dua taruna TNI yang akan mengikuti pendidikan akademi militer di AS.

JAKARTA -- Dua taruna TNI, masing-masing satu taruna Akademi Militer (Akmil) dan satu taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti upacara pelepasan di perpustaan Kedubes Amerika Serikat (AS) di Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024). Upacara dipimpin oleh Kuasa Usaha AS untuk Republik Indonesia (The Chargé d’Affaires, a.i. of the United States of America to the Republic of Indonesia /CDA), Michael F Kleine.

Michael F Kleine menyampaikan ucapan selamat kepada dua taruna akademi TNI yang akan menempuh pendidikan di negeri Paman Sam. Kopral Taruna Jason Aldrich Georgiovany akan mengenyam pendidikan United States (US) Military Academy, West Point dan Kopral Taruna Ahmad Ghufron akan menempuh pendidikan di US Naval Academy, Annapolis.

"Selamat kepada Anda berdua dan juga kepada orang tua atas prestasi dan keberhasilan ini," ucap Michael F Kleine. Menurut dia, kerja sama pengiriman taruna TNI ke akademi militer di AS merupakan investasi yang sangat penting untuk memperkuat hubungan Indonesia dan AS. Apalagi, hubungan kedua negara telah berlangsung selama 75 tahun pada 2024.

Pada kesempatan tersebut, Panglima Komando AS untuk Indo-Pasifik (US Indo-Pacom) Laksamana Samuel Paparo turut hadir dan secara langsung menyerahkan sertifikat tanda penerimaan (certificate of appointment) dari US Military Academy, West Point kepada Kopral Taruna Jason Aldrich Georgiovany dan dari United States Naval Academy, Annapolis kepada Kopral Taruna Ahmad Ghufron.

Laksamana Paparo mengatakan, investasi sumber daya manusia TNI berupa pengiriman para Taruna ini akan membawa manfaat jangka panjang, baik untuk memperkuat hubungan institusi pertahanan dan juga hubungan antara masyarakat Indonesia dan AS.

Pengiriman taruna TNI ke akademi militer AS merupakan terobosan Menhan Prabowo Subianto. Pada masa jabatan menhan periode 2019-2024, Prabowo untuk pertama kalinya Indonesia dapat mengirim taruna pendidikan kedinasan akmil untuk menjalani pendidikan di akademi militer bergengsi AS yaitu US Military Academy (USMA), US Naval Academy (USNA), dan US Air Force Academy (USAFA)

Prabowo dalam berbagai kesempatan menyatakan, Indonesia berkomitmen untuk membuka hubungan dengan semua negara, termasuk dalam menjalankan diplomasi pertahanan. Realisasi diplomasi pertahanan Prabowo tersebut, satu di antaranya menjalin kerja sama pendidikan seperti pengiriman Taruna Akademi TNI ke AS.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement