Kamis 13 Jun 2024 22:32 WIB

Joko Anwars Nightmares and Daydreams, Serial Perdana Kolaborasi Joko Anwar dengan Netflix

Joko Anwars Nightmares and Daydreams tayang besok di Netflix.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Partner
.
Foto: network /Rahma Sulistya
.

Sutradara Joko Anwar dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/6/2024). (Netflix)
Sutradara Joko Anwar dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (13/6/2024). (Netflix)

FILMUSIKU.com — Serial terbaru Netflix Indonesia “Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams” dari sutradara ternama Joko Anwar, mulai tayang besok, Jumat (14/6/2024). Serial bergenre sci-fi supernatural ini, menjadi serial perdana kolaborasi Joko Anwar dengan Netflix.

Genre terbaru ini memadukan beragam fenomena aneh dalam dunia sehari-hari, elemen-elemen menakjubkan yang bertemu dengan isu-isu dalam kehidupan nyata. Kisah dari serial ini tersaji dalam tujuh episode berbeda yang saling berkaitan, menghadirkan cerita yang unik dengan masing-masing misterinya, dan dituntaskan dengan sebuah jawaban besar di episode akhir.

“Tanggung jawab sineas adalah menciptakan karya yang merefleksikan masyarakat kita. Serial ini bungkus representasinya adalah sci-fi supernatural tapi cerita-cerita di dalamnya sangat relevan dengan kehidupan kita sekarang, yaitu isu yang hangat dibicarakan, kehidupan sehari-hari, dan tema sosial politik yang kita alami,” ujar Joko dalam konferensi pers di Jakarta hari ini, Kamis (13/6/2024).

Dalam serial “Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams”, Joko bertindak sebagai produser eksekutif sekaligus sutradara bersama Ray Pakpahan, Tommy Dewo, dan Randolph Zaini. Ia mengatakan, cerita dan karakter dalam serial ini dibuat relevan dan relatable dengan masyarakat Indonesia.

“Serial ini adalah cerita tentang kita yang mencoba bertahan dalam cobaan-cobaan hidup, dan bagaimana bisa keluar dari hal-hal struktural yang membelenggu kita sebagai manusia,” papar Joko.

Ia menyampaikan pula apresiasi bagi sesama sutradara dan para penulis yang bekerja sama dengannya dalam serial ini. “Mereka adalah talenta-talenta baru. Netflix memberikan sebuah kesempatan, dan kami berikan bagi mereka yang layak merepresentasikan sudah sejauh mana kami dapat berbuat dari Indonesia,” ucap Joko.


Bagi Tommy, Joko sebagai kreator memberikan kebebasan untuk menginterpretasi cerita sehingga setiap episode memiliki kekuatannya masing-masing. “Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams” akan membuka cakrawala baru untuk genre ini dan menyuguhkan cara bertutur dalam serial, karena di setiap episode terdapat karakter menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

“Kita akan melihat bagaimana karakter-karakter ini berhadapan dengan suatu masalah yang larger than life. Itu yang menarik,” tutur Tommy.

Serial ini menghadirkan sederet aktor Indonesia ternama, termasuk Ario Bayu, Fachry Albar, Marissa Anita, Lukman Sardi, Nirina Zubir, Yoga Pratama, dan Asmara Abigail. Mereka memerankan sejumlah karakter yang berhadapan dengan beragam kejadian ganjil.

Mengenai pengalamannya bekerja sama dengan Joko, Ario Bayu menjelaskan, Joko Anwar menjelaskan banyak hal sebagai seorang kreator dan ia merasa selalu terhubung dengan aspek-aspek kesenian Joko. Dalam pembuatan serial ini, ia sering mengobrol dan kilas balik ke film-film pertamanya dengan Joko, Kala dan Pintu Terlarang, yang DNA-nya hampir sama.

“Nilai-nilai sosial yang harus dijadikan ruang dialog dikedepankan, sehingga saya sebagai seniman selalu merasa diulik untuk terus maju baik secara intelektual maupun spiritual,” ucap Ario dalam kesempatan yang sama.

Sementara bagi Marissa, pengalamannya berperan dalam film ini terasa seperti bermain film action. “Untuk peran saya di sini terasa menantang terutama secara fisik. [Perjalanan karakter] yang mengalami kerasukan atau terlempar ke dunia lain jelas merupakan pengalaman yang mengasyikkan sekaligus cukup berat secara fisik. Yang pasti peran ini membuat saya semakin berkembang sebagai aktor,” ujar dia.

Salah satu unsur yang paling menonjol dalam “Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams” adalah elemen supernatural yang bergandeng dengan kejadian sehari-hari di dunia nyata. Serial ini turut menampilkan para aktor dan aktris seperti Nirina Zubir, Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Sarita Ibrahim, Kevin Ardilova, Sal Priadi, Poppy Sovia, Kiki Narendra, Yatti Surachman, Happy Salma, dan Teuku Rifnu Wikana.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement