Jumat 14 Jun 2024 14:43 WIB

Akhiri Petualangan di BCL Asia, Pelita Jaya Peringkat Lima Asia

Pelita Jaya hanya kalah dalam perhitungan selisih poin memasukkan kemasukan.

Red: Israr Itah
Para pemain, pelatih, dan ofisial Pelita Jaya Basketball Jakarta setelah tampil di putaran final BCL Asia di
Foto: dok Pelita Jaya
Para pemain, pelatih, dan ofisial Pelita Jaya Basketball Jakarta setelah tampil di putaran final BCL Asia di

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelita Jaya mengakhiri kompetisi di Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 dengan mengalahkan juara Liga Basket Korea (KBL) KCC Egis dengan skor akhir 98-91 dalam laga pamungkas Grup B di Sheikh Saeed Bin Maktoum Sports Hall, Dubai City, Uni Emirat Arab, Rabu (12/6/2024) lalu. Meskipun gagal ke semifinal, tim asuhan Johannis Winar mengukir catatan cukup membanggakan dengan menempati lima besar Asia.

Pelita Jaya gagal lolos ke babak semifinal BCL Asia 2024 meski memiliki catatan kemenangan yang sama dengan dua tim di atasnya. PJ hanya kalah karena memiliki selisih poin plus minus terkecil dibandingkan tim Shardary Gorgan dari Iran dan Hiroshima Dragonflies dari Jepang yang menempati posisi pertama dan kedua Grup B.

Baca Juga

Pelita Jaya terpeleset di gim pertama Grup B saat melawan Hiroshima Dragonflies yang baru saja menjuarai Liga Bola Basket Jepang, B.League pada akhir Mei 2024. Andakara Prastawa Dhyaksa dkk takluk 86-68. Marjin kekalahan inilah yang ternyata menjadi pengganjal jalan PJ menuju empat besar.

PJ kemudian mengalahkan perwakilan Iran Shahrdari Gorgan yang sudah tiga musim beruntun menjuarai Iranian Super League. Tim ini diperkuat kapten timnas basket Iran Arsalan Kazemi, pemain Iran pertama yang pernah masuk draft NBA. Kemudian ada Joe Young, eks NBA dan pernah MVP asing Liga Basket China.