Jumat 14 Jun 2024 15:14 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Melihat Peternakan Sapi Perah Mirip New Zealand di Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah membayangkan peternakan sapi perah yang ada di New Zealand? Sekarang tidak perlu jauh-jauh kesana untuk melihatnya. Cukup dengan waktu tempuh 4-5 jam sudah bisa melihat peternakan sapi perah yang ada di Jawa Tengah.

Peternakan yang dikelola oleh Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU HPT) Baturraden ini mempunyai 2.500 ekor sapi yang setiap harinya menghasilkan 7.000 liter susu sapi.

Kepala BBPTUHPT Baturraden, Sintong HMT Hutasoit menjelaskan peternakan itu sudah dikelola secara modern dengan beberapa unit atau alat yang mendukung. Menurutnya peternakan yang ada di kaki Gunung Slamet itu sangat lengkap.

Dengan segala fasilitasnya peternakan itu juga membuka peluang bagi siapapun yang ingin belajar tentang sapi perah.

Ia mengaku peternakan itu belum secara masif dikelola sebagai agrowisata, namun sampai saat ini sudah ada masyarakat yang berkunjung untuk wisata edukasi. Lebih lanjut ia terangkan jika tempat itu dibuka menjadi tempat wisata tentu harus dilengkapi dulu infrastrukturnya.

Ia berharap seluruh peternak di Indonesia bisa meniru peternakan yang ada di Baturraden itu. Ia mengaku sangat siap untuk membantu dan memberikan edukasi tentang peternakan sapi perah.

Dengan persyaratan yang mudah dan harga terjangkau para peternak sapi yang ada di Indonesia bisa mempelajari peternakan sapi perah itu.

  • Videografer  : Fuji Eka Permana
  • Video Editor : Havid Al Vidzki