Sabtu 15 Jun 2024 05:16 WIB

Daftar Amalan Haji saat di Arafah

Jamaah haji boleh berdoa dengan bahasa Indonesia boleh saat berada di Arafah. 

Red: Muhammad Hafil
Jamaah haji saat wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi (ilustrasi).
Foto: Antara
Jamaah haji saat wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Karta Raharja Ucu dari Makkah, Arab Saudi

Ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan jamaah haji selama wukuf di Arafah ketika puncak haji. Menurut Konsultan Ibadah PPIH Arab Saudi, KH Mahbub Maafi Ramadhan, jamaah bisa memperbanyak bacaan dzikir, berdoa, bertalbiyah, dan membaca Alquran.

Baca Juga

“Banyak amalan yang bisa dilakukan, yang penting saat wukuf kita selalu bermunajat kepada Allah dan hanya fokus kepadanya,” kata Kiai Mahbub di Makkah, Jumat (14/6/2024). 

Kiai Mahbub menjelaskan, Arafah adalah waktu kita berduaan dengan Allah, sekaligus waktu yang tepat untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang kita lakukan. Namun menurut dia tidak ada bacaan doa khusus saat Arafah.

Dia berkata, jamaah haji bisa dan boleh membaca doa apa pun, bahkan boleh memanjatkan doa dengan bahasa Indonesia. "Baca doa apa pun, bisa dengan Indonesia. Misalnya doa mohon ampun atas dosa, mohon dikabulkan keinginan dan hajatnya, apa pun, yang penting doanya baik-baik,” ujarnya.

Meskipun demikian, menurut Kiai Mahbub, ada beberapa doa dan dzikir yang sudah diamalkan para ulama kita. Para jamaah bisa merujuknya melalui buku-buku doa manasik yang telah diterbitkan oleh Kemenag atau lembaga otoritatif lainnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement