Sabtu 15 Jun 2024 09:00 WIB

Doa Rasulullah SAW di Arafah yang Membuat Iblis Frustasi

Rasulullah SAW gembira saat doanya di Arafah dikabulkan Allah.

Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Jabal Rahmah di Arafah (Foto & Editing: Yogi Ardhi/Republika
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ilustrasi Jabal Rahmah di Arafah (Foto & Editing: Yogi Ardhi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH --Wukuf di Arafah adalah bagian dari rukun haji. Dan pada saat inilah doa-doa orang yang wukuf di Arafah dikabulkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Abu Talhah dalam kitabnya Kaifa Tastafidu Min al Haramain asy-Syarifain Ayyuha az-Zair wa-al-Muqim Ahwal an Nabi fi Al-Hajj mengatakan, Abbas bin Mardas mengatakan, Rasulullah berdoa meminta ampun bagi umatnya di malam  Arafah.  Lalu, doanya dijawab Allah. 

Baca Juga

"Aku telah mengampuni mereka selain dosa orang-orang yang zalim. Aku menyiksa mereka sebagai balasan atas orang-orang yang telah teraniaya oleh mereka."

Rasulullah berkata, "Ya Allah jika engkau menghendaki, maka engkau bisa memberikan surga bagi orang yang teraniaya, dan mengampuni orang yang berbuat zalim."

Namun, Allah tidak menjawabnya malam itu juga. Pada pagi harinya ketika berada di Muzdalifah, beliau kembali berdoa.  Lalu, doanya itu dijawab oleh Allah. 

Abbas RA berkata, "Rasulullah tertawa. Ada yang mengatakan, Rasulullah tersenyum." Abu Bakar dan Umar bertanya kepada beliau.

"Demi ayah dan ibuku, ini bukan saat yang tepat untuk tertawa, apa yang membuat Anda tertawa? Apakah Allah menertawai gigimu?" Beliau menjawab, "Sesungguhnya musuh Allah, iblis itu, ketika mengetahui Allah telah mengabulkan doaku dan mengampuni umatku, dia mengambil tanah dan melemparkannya ke atas kepalanya."

"Mereka mendoakan kecelakaan dan kesengsaraan bagi manusia. Apa yang aku lihat berupa rasa takut ini itulah yang membuatku tertawa tawa," (HR Ibnu Majah).

Di dalam kitab Al-lamat ketahuilah bahwa mereka berkata yang dimaksud dengan kata umat di sini adalah orang-orang yang berada di Arafah. Dari pendapat inilah dikatakan, haji dapat menghapuskan kezaliman terhadap hak-hak hamba. Ada yang mengatakan maknanya adalah taubat dari kezaliman dan dari sikap tidak mampu menunaikan hak-hak hamba.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ اِنَّا هُدْنَآ اِلَيْكَۗ قَالَ عَذَابِيْٓ اُصِيْبُ بِهٖ مَنْ اَشَاۤءُۚ وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍۗ فَسَاَكْتُبُهَا لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِاٰيٰتِنَا يُؤْمِنُوْنَۚ
Dan tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sungguh, kami kembali (bertobat) kepada Engkau. (Allah) berfirman, “Siksa-Ku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

(QS. Al-A'raf ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement