Sabtu 15 Jun 2024 07:17 WIB

Operasi Pasar Sembako Murah Diserbu Warga Jelang Idul Adha

Operasi pasar untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan jelang Idul Adha.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Warga antre membeli beras dan paket sembako saat Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi), (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Warga antre membeli beras dan paket sembako saat Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi), (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) menggelar Operasi Pasar Bersubsidi (OPADI). Plt Kepala Diskopdagin Kabupaten Indramayu, Indra Mulyana, menjelaskan, dalam operasi pasar itu, pihaknya menjual sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah.

Acara yang digelar pada Jumat (14/6/24), di halaman Gedung Landaard, Alun-alun Puspawangi Indramayu itu kontan diserbu warga. Dalam operasi pasar tersebut satu paket sembako, dijual seharga Rp 100 ribu, dari harga normalnya yang mencapai Rp 145.700. Setiap paket sembako itu berisi lima kilogram beras premium, dua kilogram gula dan dua liter minyak premium kemasan SNI.

Baca Juga

Adapun harga komoditas per item yaitu lima kilogram beras premium dari harga Rp 73.500 disubsidi menjadi Rp 50.500, dua kilogram gula dari harga Rp 35.500 menjadi Rp 20.300, dan dua liter minyak premium kemasan SNI dari harga Rp 37.200 menjadi Rp 29.200.

"Dengan dukungan Pemprov Jabar dan Bulog, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Indramayu untuk meringankan beban masyarakat menjelang Idul Adha dan menjaga stabilitas harga pangan di pasaran,’’ kata Indra.