Ahad 16 Jun 2024 00:44 WIB

Raih Emas di Kompetisi Fisika Asia, Tim Indonesia Dapat Dana Pembinaan Rp 100 Juta

Delegasi Indonesia mempersembahkan medali mulai dari emas hingga honorable mention.

Red: Gita Amanda
 Salah satu kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global. (ilustrasi)
Foto: hhmi.org
Salah satu kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global. APhO yang diselenggarakan pertama kali pada 24 tahun silam di Indonesia tersebut, secara konsisten diikuti oleh pelajar-pelajar terpilih dari berbagai SMA di Indonesia. Pada tahun 2024 delegasi Indonesia kembali mempersembahkan sejumlah medali mulai dari emas, perak, perunggu dan penghargaan Honorable Mention. 

Tim APhO Indonesia 2024 baru saja selesai mengikuti acara APhO di Kampar, Malaysia, yang diselengarakan pada pekan pertama Juni 2024 di Kampus Universiti Tunku Abdul Rahman. Tim yang terdiri dari 8 orang pelajar SMA terpilih ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak, 3 medali perunggu dan 3 Honorable Mention. 

Penyelenggaraan APhO 2024 kali ini merupakan yang terbesar dari jumlah peserta. Ada 28 tim dengan total peserta 280 pelajar dari berbagai negara di dunia. Ada 27 negara yang berpartisipasi termasuk Indonesia. Medali emas untuk tim Indonesia dipersembahkan oleh Jack Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha, Pekanbaru. 

“Jack Howard dan teman-temannya telah menjalani proses seleksi yang ketat. Mereka diseleksi secara nasional melalui 3 tahapan. Peserta seleksi kebanyakan juga berpartisipasi pada Olimpiade sains nasional. Kami berharap dan berdoa semoga dukungan untuk Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) ke APhO terus berlanjut dan bertambah karena ini tahun pertama kebutuhan dana tercukupi dari sponsor. Tahun-tahun sebelumnya kami menutupi dari hasil pelatihan di yayasan Simetri,” kata salah satu pimpinan tim APhO Indonesia, Herry Kwee.

Mengapresiasi capaian ini Crystalin, salah satu merek air minum dalam kemasan, memberikan penghargaan berupa dana pembinaan sebesar Rp 100 juta melalui Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (SIMETRI) selaku pembina Tim APho Indonesia 2024. Marketing and Sales Director Crystalin Wijoyo mengatakan torehan prestasi anak bangsa tidak hanya di bidang olahraga, tapi juga di bidang sains. Untuk itu, Crystalin memberikan dukungan berupa dana pembinaan.

"Untuk para peraih medali kami berikan tambahan uang saku. Semoga prestasi tim APhO Indonesia pada tahun 2024 ini dapat mendorong semakin banyak pelajar Indonesia lebih giat lagi mempelajari bidang sains,” ujar Marketing and Sales Director Crystalin Wijoyo, dalam siaran persnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement