Sabtu 15 Jun 2024 19:35 WIB

Pernah Facebook-an Dengan Pegi Setiawan, Dede Diperiksa Polda Jabar

Kuasa hukum Pegi, Toni RM, menjelaskan, Dede merupakan teman dekat Pegi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Israr Itah
Kuasa hukum tersangka pembunuhan Vina dan Eki,  Pegi Setiawan mengajukan permohonan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (11/6/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Kuasa hukum tersangka pembunuhan Vina dan Eki, Pegi Setiawan mengajukan permohonan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (11/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Barat kembali memeriksa sejumlah saksi yang berkaitan dengan Pegi Setiawan, tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky pada 2016 silam di Cirebon.

Kali ini, penyidik memeriksa seorang saksi bernama Dede Kurniawan, yang sempat berkomunikasi dengan Pegi melalui Facebook pada 2016. Pemeriksaan itu dilakukan di Mapolres Cirebon Kota.

Baca Juga

Salah seorang kuasa hukum Pegi, Toni RM, menjelaskan, Dede merupakan teman dekat Pegi.

"Bukan teman sekolah, tapi teman main. Kenalnya Dede dengan Pegi Setiawan ini tahun 2015 pada saat Dede kelas 2 SMK. Sementara, Pegi tidak sekolah. Mereka ini dekat, sering ketemu," ujar Toni, saat tiba di Mapolres Cirebon Kota, Sabtu (15/6/2024).

Toni menjelaskan, saat Pegi pergi bekerja di Bandung, komunikasi antara Pegi dan Dede masih terjalin melalui Facebook.

Toni mengungkapkan, saat pemeriksaan tambahan terhadap Pegi Setiawan di Bandung, polisi turut memeriksa akun Facebook Pegi. Di dalamnya, terdapat komunikasi antara Pegi dan Dede maupun fotonya.

"Kami menduga, pemeriksaan ini terkait (komunikasi antara Pegi dan Dede) di media sosial, pernah ada foto (Dede) dengan Pegi," kata Toni.

Di hadapan awak media, Toni lantas menanyakan kepada Dede mengenai keberadaan Pegi pada 27 Agustus 2016. Dede pun menjawab bahwa Pegi ada di Bandung. "Ada bukti chat-nya, tenang saja," kata Toni.

Toni mengatakan, Pegi dan Dede mulai menjalin komunikasi lewat chat Facebook sejak Juni 2016.

"Kalau isi chat-nya mah biasa. Cuman kan Pegi posisinya di Bandung. Dia (Dede) menanyakan kapan pulangnya, Pegi jawab nanti. Nah, begitu 1 September 2016, si Pegi mengatakan bahwa dia tidak jadi pulang ke Cirebon karena motornya dirampas oleh polisi (saat penggeledahan rumah Pegi di Desa Kepongpongan). Akhirnya nggak jadi pulang," kata Toni.

Toni mengungkapkan, keterangan dari Dede itu akan semakin menguatkan bukti keberadaan Pegi di Bandung saat kejadian pembunuhan Vina pada Eky pada 27 Agustus 2016. 

Saksi kasus Vina-Eky mencabut kesaksian di BAP ...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement