Ahad 16 Jun 2024 15:05 WIB

Mobilisasi Jamaah ke Mina Lancar, Tragedi Muzdalifah tak Terulang

Sebelum terik, seluruh jamaah haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Mina

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Umat muslim berada didekat tenda kemah Mina, kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat, 14 Juni 2024.
Foto:

Keberhasilan mobilisasi jamaah di Muzdalifah juga tidak terlepas dari proses koordinasi lintas pihak yang semakib kuat dan efektif. Sejak semalam, PPIH berkoordinasi dengan pihak Kementerian Haji dan Umrah (Kemrnhaj) Arab Saudi dan pihak Masyariq.

Koordinasi dilakukan di Arafah, pada Ahad (16/6/2024) dini hari untuk membahas antisipasi kepadatan Muzdalifah."Sejak malam, kami ajak diskusi pihak Kemhaj, Naqabah (Organda Saudi), dan Masyariq. Kita matangkan langkah antisipasi agar sebelum terik matahari, jamaah sudah bergeser ke Mina seluruhnya," terang Subhan Cholid.

Diskusi dihadiri para petinggi Kemenhaj, Naqabah, dan Masyariq, sehingga keputusan bisa segera diambil agar kejadian 2023 tidak terulang."Setelah berdiskusi, kita sepakat untuk mengambil langkah cermat dan cepat agar tidak terjadi kepadatan di jalur Muzdalifah -Mina," sebut Subhan.

photo
Jamaah haji beristirahat di tenda kemah Mina saat menunaikan ibadah haji, dekat kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat, 14 Juni 2024. - (AP Photo/Rafiq Maqbool)

"Baik PPIH, Kemenhaj, Naqabah, maupun Masyariq sepakat turun langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan dan sekaligus ambil kebijakan," sambungnya.