Selasa 18 Jun 2024 08:17 WIB

Temui Petugas Haji di Lapangan, Menag: Banyak yang Curhat

Menag mengapresiasi kerja keras seluruh petugas haji Indonesia di Tanah Suci.

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat melaksanakan lontar jumrah di Jamarat, Mina, Makkah, Selasa (18/6/2024) dini hari.
Foto: Republika/Muhyiddin
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat melaksanakan lontar jumrah di Jamarat, Mina, Makkah, Selasa (18/6/2024) dini hari.

Laporan jurnalis Republika, Muhyiddin, dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Salah satu kunci kelancaran penyelenggaraan haji adalah kesigapan para petugas di lapangan. Hal itu disampaikan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas di sela-sela aktivitas melontar jumrah.

Baca Juga

Menurut sosok yang akrab disapa Gus Yaqut itu, seluruh petugas haji telah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu Allah. Ia mengaku terharu saat menyaksikan sejumlah petugas yang sedang berjaga di pos-pos guna melayani jamaah haji Indonesia.

"Saya ingin menyampaikan rasa senang dan kekaguman pada teman-teman petugas haji yang luar biasa. Di saat-saat padat (puncak haji) seperti ini, masih keliatan semua petugas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji)," ujar Gus Yaqut saat ditemui Republika usai melontar jumrah di area Jamarat, Mina, Makkah, Selasa (17/6/2024) dini hari waktu Arab Saudi (WAS).

Menag berharap, semua pelayan para tamu Allah itu selalu menjaga semangat dan keikhlasan dalam melaksanakan tugasnya. Ia pun mendoakan agar petugas haji Indonesia mendapatkan pahala dan keberkahan yang tak putus-putus dari Allah Ta'ala.

"Semua petugas pelayan jamaah haji bersikap sigap dan semangat. Semoga itu menjadi pahala tambahan, selain pahala berhaji," ucap Gus Yaqut.

Di area Jamarat, Menag melakukan lontar jumrah pada pukul 00.30 dini hari WAS. Ia tampak didampingi istrinya, Eny Retno Yaqut. Hadir pula Saiful Rahmat Dasuki selaku Wakil Menag dan sejumlah petugas haji.

 

Curhat petugas haji kepada Menag ....

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement