Selasa 18 Jun 2024 10:05 WIB

Ayah Penting Terlibat untuk Perkembangan Anak, Ini Alasannya

Peneliti menemukan hubungan penting keterlibatan ayah dan perkembangan anak.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Ayah dan anak (ilustrasi). Peneliti menemukan hubungan penting antara keterlibatan seorang ayah dengan keberhasilan perkembangan anak.
Foto: MGROL100
Ayah dan anak (ilustrasi). Peneliti menemukan hubungan penting antara keterlibatan seorang ayah dengan keberhasilan perkembangan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun-tahun awal kehidupan seorang anak merupakan fondasi bagi pertumbuhan dan kebahagiaan mereka seumur hidup. Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang tua selama tahap-tahap pertumbuhan ini dapat menghasilkan perubahan positif yang substansial pada anak-anak.

Dengan pemikiran tersebut, para peneliti telah menemukan hubungan penting antara keterlibatan seorang ayah dengan keberhasilan perkembangan anak, baik secara mental maupun fisik. Sederhananya, menjadi "super dad" akan menghasilkan super kid.

Baca Juga

Namun, di Jepang, tempat penelitian ini dilakukan, pembagian kerja berdasarkan gender secara historis telah membatasi partisipasi ayah dalam interaksi yang berkaitan dengan pengasuhan anak, yang berdampak pada perkembangan anak. Secara tradisional, para ayah di Jepang, terutama yang berusia 20-an hingga 40-an, diharapkan untuk memprioritaskan komitmen kerja daripada tanggung jawab keluarga.

Norma budaya ini telah mengakibatkan terbatasnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak, terlepas dari kecenderungan individu. Meningkatnya jumlah ibu yang bekerja penuh waktu semakin memperparah masalah ini, sehingga meninggalkan kekosongan dalam dukungan keluarga untuk pengasuhan anak.