Selasa 18 Jun 2024 15:37 WIB

Cerita Islam Masuk ke Australia

Islam di Australia Dikenalkan Para Penunggang Unta dari Afghanistan

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan Muslim di Australia.
Foto: EPA-EFE/JOEL CARRETT
Ilustrasi kegiatan Muslim di Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Muslim dari Timur Tengah meninggalkan jejak yang bermanfaat di benua Australia. Mereka menjelajahi Australia dengan unta, membangun masjid, memperkenalkan Islam, dan membantu menumbuhkan industri pertanian di Australia. 

Antara tahun 1860 dan 1920-an, setidaknya 3.000 pria Muslim dan Sikh dari Afghanistan, India, Turki, Mesir dan Iran direkrut ke Australia karena keahlian mereka dalam mengendarai unta. Mereka menggunakan hewan-hewan tangguh ini yakni unta untuk mengangkut barang, mencari lahan penggembalaan baru, dan memetakan rute baru melintasi bentangan luas dan kering di pedalaman Australia. 

Baca Juga

Dikutip dari laman The National News, Secara kolektif, Muslim dari Timur Tengah itu dikenal sebagai penunggang unta atau ghan (singkatan dari Afghan). Meskipun peran mereka dalam membangun Australia modern sebagian besar telah dilupakan, tapi disorot lagi oleh film Australia baru, The Furnace, yang dirilis pada bulan Desember 2020.

Secara luas daratan, Australia hampir empat kali luas Arab Saudi. Mirip Arab, interior Australia sebagian besar merupakan lingkungan yang kering dan tidak ramah, ditandai dengan panas yang ekstrem dan kelangkaan air bersih. Namun di kedua negara, keindahan berada di hutan belantara yang tandus ini.

Australia Barat yang terik mataharinya sangat megah, meskipun tidak seperti Swiss, dan padang rumputnya yang subur di bawah puncak bersalju, atau Mauritius, di mana laut pirus, pasir putih, dan hutan hijau membentuk trinitas warna yang mempesona. Sebaliknya, kemegahan alam Australia Barat berasal dari ketidakmurnian, menakutkan, dan berbahaya.

Banyak turis mengunjungi bagian ini secara khusus untuk menjelajahi daerah liarnya, seperti distrik mid-west, tempat The Furnace berlangsung. 

Untungnya, hari ini menavigasi wilayah yang luas ini relatif sederhana. Pengunjung internasional melintasi mid-west dengan mobil sewaan mereka, mengikuti jalan aspalnya yang mulus. Meski begitu, bahaya tetap ada. Pedalaman Australia Barat telah merenggut nyawa banyak orang yang berkunjung dalam keadaan tidak layak, tidak siap atau tidak sadar. Beberapa turis meninggal pada 2018 saat hiking di wilayah tersebut.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ قِيْلَ لَهُمْ كُفُّوْٓا اَيْدِيَكُمْ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۚ فَلَمَّا كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقِتَالُ اِذَا فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ يَخْشَوْنَ النَّاسَ كَخَشْيَةِ اللّٰهِ اَوْ اَشَدَّ خَشْيَةً ۚ وَقَالُوْا رَبَّنَا لِمَ كَتَبْتَ عَلَيْنَا الْقِتَالَۚ لَوْلَآ اَخَّرْتَنَآ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۗ قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيْلٌۚ وَالْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقٰىۗ وَلَا تُظْلَمُوْنَ فَتِيْلًا
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka, ”Tahanlah tanganmu (dari berperang), laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat!” Ketika mereka diwajibkan berperang, tiba-tiba sebagian mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih takut (dari itu). Mereka berkata, “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tunda (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi?” Katakanlah, “Kesenangan di dunia ini hanya sedikit dan akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa (mendapat pahala turut berperang) dan kamu tidak akan dizalimi sedikit pun.”

(QS. An-Nisa' ayat 77)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement