Selasa 18 Jun 2024 16:05 WIB

Baznas Bazis DKI Gelar Hajatan Kurban di Pulau Lancang Bersama Para Kolabolator

Tak hanya untuk masyarakat Jakarta, Baznas Bazis juga salurkan kurban ke Palestina.

Red: Gita Amanda
Baznas Bazis DKI menggelar Hajatan Kurban di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.
Foto: Baznas Bazis
Baznas Bazis DKI menggelar Hajatan Kurban di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha menjadi bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan rasa syukur atas rizki yang telah Allah SWT berikan. Baznas Bazi DKI memanfaatkan momen Idul Adha 2024 ini untuk menebar kebaikan dan kebahagiaan kepada masyarakat DKI Jakarta, khususnya mereka yang kurang mampu.

Dengan mengusung tema Kurban Berkah Baznas, Baznas Bazis DKI menggelar Hajatan Kurban di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Pada Hajatan Kurban tersebut, Baznas Bazis DKI mengadakan kegiatan dapur kurban yaitu kegiatan memasak daging kurban secara gotong-royong oleh masyarakat Pulau Lancang. Daging kurban tersebut akan diolah sesuai menu khas Pulau Lancang dan akan dimakan bersama-sama.

Baca Juga

Pada Hajatan Kurban ini, Baznas Bazis DKI menyalurkan dua ekor sapi kurban dari PT Avrist Assurance. Selain dapur kurban, daging hewan kurban tersebut juga akan diberikan kepada 100 keluarga yang kurang mampu di Pulau Lancang. Selanjutnya, Baznas Bazis DKI memberikan santunan dan sembako kepada 60 orang yatim dhuafa di Pulau Lancang senilai Rp 30 juta.

Selain Pulau Lancang, Baznas Bazis DKI juga menyalurkan hewan kurban di kampung-kampung Jakarta di antaranya Papanggo sebanyak 5 doka, Jelambar sebanyak 2 doka, Kebon Melati dalam bentuk daging yang sudah disembelih di Kampung Papanggo, Kampung Baru sebanyak 2 doka, Pesantren Tahfidz Difabel Baznas Bazis DKI sebanyak 2 sapi dan 1 doka, Kampung Gembira Gombrong sebanyak 2 doka, Dinas Perhubungan sebanyak 1 doka, Masjid Asyafiun sebanyak 1 sapi dari PT Avrist Assurance, serta Kanwil Kemenag DKI Jakarta sebanyak 1 sapi dari Pimpinan Baznas Bazis DKI.

Selanjutnya, Baznas Bazis DKI juga melakukan sedekah daging kurban kepada masyarakat DKI Jakarta dalam bentuk kaleng senilai Rp 440.590.060.

photo
Baznas Bazis DKI menggelar Hajatan Kurban di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. - (Baznas Bazis)

Tidak hanya untuk masyarakat DKI Jakarta, Baznas Bazis DKI juga menyalurkan hewan kurban kepada saudara-saudara di Palestina. Seperti yang kita ketahui, Israel semakin menggila dalam menyerang Palestina. Kondisi masyarakat Palestina saat ini sangat memprihatinkan sehingga mereka tidak dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan gembira. Oleh karena itu, Baznas Bazis DKI menyalurkan hewan kurban ke Palestina berupa sapi dan kambing senilai Rp 43.954.537.

Kegiatan Hajatan Kurban ini merupakan kolaborasi dari Baznas Bazis DKI bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, PT Avrist Assurance, Paljaya, JFX, Dinas Perhubungan, Dinas KPKP, Kapolres Kepulauan Seribu, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, DKM Pulau Lancang, serta masyarakat Pulau Lancang.

Tujuan diadakannya kegiatan Hajatan Kurban adalah untuk meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antara pemerintah setempat dengan masyarakat, sekaligus membuktikan komitmen Baznas Bazis DKI dalam rangka menanggulangi kesenjangan serta kemiskinan di Jakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement