Selasa 18 Jun 2024 17:51 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPRD Jabar Gelar Seminar 'Pancasila untuk Dunia'

Bung Karno merumuskan Pancasila berdasarkan pemikiran filosofis

Red: Arie Lukihardianti
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman
Foto: Dok. DPRD Jabar
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) menggelar kegiatan bertajuk Parlemen Mengabdi untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, terdapat seminar bertemakan 'Pancasila untuk Dunia' akan diselenggarakan pada Jumat 21 Juni 2024 di Gedung Merdeka.

Tak hanya itu, lomba artikel dengan tema "Pancasila atau Bung Karno" bagi dosen dan mahasiswa pasca sarjanana (S2, S3), lomba Content Creator tema "Pancasila" untuk siswa SMA, dan lomba Vlog konsep Live Report tema “Pancasila atau Bung Karno” untuk mahasiswa dan perguruan tinggi juga turut memeriahkan rangakaian acara.

Baca Juga

Dalam seminar itu, Ketua Komisi I DPRD Jabar, Dr H Bedi Budiman menjadi salah satu pemateri. Bedi akan memberikan materi mengenai Geopolitik di Era Presiden Soekarno. Bedi mengatakan, Ir Soekarno atau yang lebih akrab disebut dengan Bung Karno menjadi tokoh sentral dalam perjuangan Indonesia. Tak hanya itu, Bung Karno berperan penting dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

"Bung Karno adalah penggagas utama dari Pancasila," ujar Bedi, kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).