Rabu 19 Jun 2024 05:05 WIB

Belgia Yakin akan Bangkit Saat Lawan Rumania di Euro 2024

Belgia butuh mengalahkan Rumania untuk menjaga peluang di Grup E Euro 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Belgia Domenico Tedesco
Foto: Jan Woitas/DPA via AP
Pelatih Belgia Domenico Tedesco

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada kepanikan di kubu Belgia meski mereka kalah mengejutkan 0-1 dari Slovakia pada pertandingan pembuka Grup E Euro 2024 di Frankfurt pada Senin (17/6/2024). Pelatih Belgia Domenico Tedesco dan para pemain tidak menemukan banyak kesalahan dalam penampilan mereka.

Baca Juga

Hasil ini membuat Belgia harus mengalahkan Rumania pada Ahad (23/6/2024) dini hari WIB. Rumania tampil solid ketika mengalahkan Ukraina 3-0 dalam pertandingan pertama mereka di Grup E.

Kesalahan awal dari Jeremy Doku membuat Slovakia mencetak gol melalui Ivan Schranz dalam waktu tujuh menit. Setelah itu, Belgia membuang sejumlah peluang dan dua golnya dianulir oleh VAR.

Tedesco menganggap kekalahan ini lebih karena nasib buruk dan kurangnya sentuhan klinis dibandingkan masalah yang lebih dalam di tim.

“Saya tidak bisa memberi tahu tim banyak tentang apa yang diperlukan untuk menjadi lebih baik,” kata Tedesco kepada wartawan, dikutip Reuters, Selasa (18/6/2024). “Kami telah menciptakan banyak peluang. Peluang besar. Jika kami mencetak gol lebih dulu, itu akan membantu kami."

Ia menegaskan, Belgia punya kendali dan tidak membiarkan Slovakia memainkan permainan mereka. Satu-satunya hal yang tidak sempurna, menurut Tedesco, adalah penyelesaian akhir Red Devils.

Kapten Belgia Kevin De Bruyne setuju dengan pemikiran tersebut dan merasa secara keseluruhan tim terlihat memegang kendali. “Babak kedua kami lebih baik. Kami menciptakan peluang, menekannya dan tidak memberikan banyak peluang. Kami tidak bermain buruk, hanya kami tidak mencetak gol. Tentu saja sekarang kami perlu bermain lebih efisien di pertandingan kedua,” ujar De Bruyne.

Pemain pengganti Lois Openda, yang dianggap melakukan handball menjelang gol kedua Belgia yang dianulir, yakin akan adanya perubahan bagi timnya.

“Pada babak kedua kami menekan dengan baik dan bermain bagus, hanya golnya belum ada. Kami harus mengusahakannya untuk pertandingan kedua. Melawan Rumania belum akan berakhir dengan mudah. ​​Kami tahu cara bermain bagus, seperti yang kami lakukan saat kualifikasi," ujarnya..

Openda menegaskan, tidak ada tekanan untuk Belgia. Sebab, tim mereka memiliki kualitas, mentalitas, dan kepercayaan pada tim sendiri. "Ini akan baik-baik saja," ucapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement