Rabu 19 Jun 2024 08:16 WIB

Peluang dan Tantangan Informatika

Kemajuan teknologi khususnya internet of things dipastikan akan terus berkembang.

Red: Fernan Rahadi
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: amikom
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta

Oleh : Prof Ema Utami (Wakil Direktur Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, Berita pelaksanaan ibadah haji 1445 Hijriyah masih menghiasi halaman berbagai media. Seperti berita, mulai bergeser kembalinya jamaah haji dari melaksanakan puncak ibadah haji di armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina), khususnya jamaah yang mengambil nafar awal ke kota Mekah.

Imbauan untuk menjaga diri dari cuaca panas yang melanda Arab Saudi menjadi berita lainnya. Tidak dimungkiri bahwa haji merupakan ibadah yang membutuhkan banyak kegiatan yang bersifat fisik.

Rentetan kegiatan ibadah di armuzna memerlukan banyak aktivitas fisik dalam menjalaninya. Setelah di Mekah, kembali ibadah fisik berupa tawaf ifadah harus dilakukan oleh para jemaah haji. Dengan demikian, perlu kesadaran diri dari masing-masing jemaah untuk dapat menjaga kebugaran dirinya.

Berita pelaksanaan ibadah haji 1445 Hijriyah ini tentu kembali mengungkit memori saya saat melaksanakan ibadah haji lima tahun yang lalu. Ibadah haji terakhir sebelum pandemi Covid 19 melanda dan menyebabkan pembatasan jamaah haji oleh pemerintah Arab Saudi.