Rabu 19 Jun 2024 19:44 WIB

Zlatko Dalic Ubah Susunan Pemain Lawan Albania, Minta Rasa Hormat Lebih untuk Timnya

Zlatko Dalic menilai Kroasia tak mendapatkan rasa hormat yang pantas.

Red: Israr Itah
Pelatih Kroasia Zlatko Dalic.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO BAT
Pelatih Kroasia Zlatko Dalic.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Pelatih Kroasia Zlatko Dalic muak dengan perlakuan terhadap timnya yang dianggap sebagai kuda hitam. Ia mengatakan, timnya layak mendapatkan lebih banyak rasa hormat di Euro 2024 karena pencapaian mereka pada masa lalu, terutama jika dibandingkan dengan Inggris.

Tim asuhan Dalic akan menghadapi Albania di Hamburg pada Rabu (19/6/2024) mulai pukul 20.00 WIB. Kroasia harus mengembalikan perjalanan mereka ke jalur yang benar setelah kekalahan telak 0-3 dari Spanyol pada pertandingan pembuka Grup B.

Baca Juga

Hasil itu membuat Kroasia harus menjilat luka mereka. Namun setelah mencapai final Piala Dunia 2018 dan finis di posisi ketiga empat tahun kemudian di Qatar, Dalic mengatakan bahwa timnya, yang juga mencapai final Liga Bangsa-Bangsa tahun lalu, tidak boleh dicoret begitu saja.

"Kami selalu menjadi kuda hitam. Kami selalu tidak menjadi salah satu favorit. Tidak ada yang percaya pada kami. Dalam enam tahun terakhir, kami telah memenangi tiga medali," kata Dalic kepada para reporter menjelang pertandingan hari Rabu, menunjukkan bahwa rekor mereka hanya kalah dari Perancis.

"Jadi saya selalu mengatakan bahwa Kroasia layak mendapatkan rasa hormat yang lebih besar dari semua orang atas apa yang telah kami lakukan."

Untuk menegaskan pendapatnya, sang pelatih membandingkan timnya dengan tim yang sering kali kurang berprestasi, Inggris, yang memenangkan Piala Dunia di tahun 1966 dan telah mencapai satu final Kejuaraan Eropa.

"Kami telah memenangkan tiga medali. Inggris memenangkannya 50 tahun yang lalu, tetapi mereka adalah tim yang hebat. Kami tidak... Kami adalah bangsa yang berhak untuk merasa bangga, dan hasil yang kami raih menunjukkan bahwa kami lebih baik dari yang terlihat," kata Dalic.

Dalic membuat tiga perubahan di timnya yang kalah dari Spanyol. Di lini depan, Zalic menurunkan Bruno Petkovic sebagai ujung tombak menggantikan Ante Budimir.

Sementara di lini belakang, Josip Stanicic dan Marin Pongracic memberikan jalan untuk Ivan Perisic dan Josip Juranovic.

Susunan pemain Kroasia vs Albania

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol, Ivan Perisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Lovro Majer, Bruno Petkovic, Andrej Kramaric.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement