Kamis 20 Jun 2024 04:30 WIB

Doa Setelah Subuh Ini Diajarkan Nabi Muhammad ke Istrinya

Nabi Muhammad mengajarkan doa setelah subuh kepada istrinya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad mengajarkan doa setelah subuh (ilustrasi)
Foto: republika
Nabi Muhammad mengajarkan doa setelah subuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Imam Al Ghazali menuliskan doa yang pernah dibaca Nabi Muhammad SAW setelah sholat Subuh. Doa tersebut dituliskan Imam Al Ghazali dalam kitab  Ihya Ulumuddin.

Dalam  Ihya Ulumuddin dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa setelah sholat Subuh, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu.

Baca Juga

"Ya Allah, aku meminta rahmat dari sisi-Mu, rahmat yang dengannya Engkau memberi petunjuk kepada qalbuku, mengumpulkan kebajikan pada diriku, menghilangkan bahaya dan kesulitanku, menolak fitnah dariku, memperbaiki agamaku, menjaga hartaku ketika aku tidak ada, membersihkan amalanku, membuat wajahku bercahaya, menyinari jalanku dan memelihara aku dari setiap kejahatan."

"Ya Allah, anugerahilah aku keimanan yang benar, keyakinan yang setelah mendapatkannya orang kafir tidak kembali kafir, rahmat yang dengannya aku memperoleh karunia kehormatan dan kemuliaan-Mu di dunia ini maupun di akhirat nanti."

Sayyidah 'Aisyah Radhiayalahu anha pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW menasihati agar aku berdoa dengan doa ini, "Ya Allah, aku memohon dari-Mu kebaikan, yang segera ataupun yang perlahan, yang kuketahui atau tidak aku ketahui. Aku juga berlindung kepada-Mu dari segala bentuk kejahatan. Aku memohon surga kepada-Mu dan amalan-amalan yang bisa mendekatkan aku kepadanya, yang segera atau yang perlahan, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui."

"Aku berlindung kepada-Mu dari siksa api neraka dan dari amalan yang menuntun aku kepadanya, yang segera atau yang perlahan, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui. Aku memohon kepada-Mu kebaikan yang dengannya hamba-Mu dan Rasul-Mu Muhammad SAW memohon kebaikan dari sisi-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari apa yang darinya hamba-Mu dan Rasul-Mu Muhammad SAW berlindung. Aku memohon kepada-Mu atas apa yang telah Engkau tetapkan bagiku, dan semoga Engkau jadikan bagiku akibat yang baik darinya, berkat rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih."

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement