Kamis 20 Jun 2024 10:40 WIB

PNM Ajak Nasabah Unggulan Pelajari Usaha Daur Ulang

Program ini merupakan kegiatan studi banding terkait daur ulang sampah.

Red: Ahmad Fikri Noor
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) mengadakan kembali program studi banding lanjutan dengan tema
Foto: PNM
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) mengadakan kembali program studi banding lanjutan dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) mengadakan kembali program studi banding lanjutan dengan tema "Cari Tau Langkah Baru". Program ini merupakan kegiatan studi banding terkait daur ulang sampah yang dapat menghasilkan keuntungan.

Studi banding kali ini diadakan di Sari Timbul Glass Factory, Tegallalang, Bali pada 11-13 Juni 2024. Kegiatan itu diikuti oleh 16 nasabah Mekaar yang merupakan ketua kelompok unggulan dari berbagai daerah di antaranya Kalimantan, Wonogiri, Makassar, Yogyakarta, Surabaya, Mojokerto, Probolinggo, dan Magelang.

Baca Juga

Sari Timbul Glass Factory sendiri merupakan usaha milik I Gede Rediawan nasabah binaan PNM dalam program UlaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang telah sukses mendatangkan pembeli kerajinan limbah kacanya dari berbagai wilayah di mancanegara. Ia pun memberikan kesempatan bagi nasabah PNM Mekaar untuk menampilkan produk di pabrik miliknya yang sering didatangi wisatawan mancanegara.

“Silakan ibu-ibu yang ingin menaruh produk di kita karena harapan saya bisa mengembangkan produk UMKM bersama-sama,” papar Rediawan dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (20/6/2024).