Kamis 20 Jun 2024 15:51 WIB

Minimalisir Sampah Citarum, Pj Gubernur Jabar Bey akan Pasang Blok Jaring di Setiap Desa

Bey mendorong warga mau mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan

Red: Arie Lukihardianti
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Jabar di Taman Ikon Sektor 8 Citarum, Kabupaten Bandung, Kamis (20/6/2024).
Foto: Biro Adpim Jabar
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Jabar di Taman Ikon Sektor 8 Citarum, Kabupaten Bandung, Kamis (20/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmud terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan di sungai Citarum. Salah satu upayanya, dengan mengedukasi masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan.

Menurut Bey, untuk meminimalisir sampah di Citarum, pihaknya akan mencoba memberikan blok dengan jaring di setiap desa yang berada dekat dengan aliran Sungai Citarum. "Untuk meminimalkan itu tadi ada usulan, jika anggaran cukup per desa akan dijaring dan kita blok dengan jaring. Jadi ketahuan siapa yang membuang sampah," ujar Bey saat menghadiri acara Puncak Hari Lingkungan Hidup Tingkat Provinsi Jabar di Taman Ikon Sektor 8 Citarum, Kabupaten Bandung, Kamis (20/6/2024). 

Baca Juga

Pemberian blok jaring di setiap desa dilakukan, kata dia, dalam upaya mengetahui desa mana yang masih memiliki perilaku buruk membuang sampah ke sungai. Sehingga, pihaknya dapat mengetahui desa mana yang perlu edukasi dan peringatan terlebih dahulu. "Sekarang mereka saling menuduh karena itu jika ada anggaran kita blok saja per desa. Yang penting tahu desa mana yang buang sampah sembarangan," kata Bey. 

Bey berharap, peringatan itu tak hanya menjadi agenda rutin. Namun, ia ingin adanya pemulihan lingkungan dengan inovasi setiap tahunnya. "Intinya kami ingin kita semua menjaga lingkungan dengan cara yang tidak biasa (inovasi) karena kita ketahui bahwa ancaman perubahan iklim (suhu ekstrem) akan terjadi tahun ini," kata Bey. 

Ia mendorong seluruh elemen dapat mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai. "Seberapa canggih alat pengelola sampah, jika masyarakat tidak mengubah pola pikir dan perilaku dalam membuang sampah itu akan percuma semua. Keinginan membuang sampah sembarangan itu selalu ada jika tidak memulai dari diri kita sendiri," papar Bey. 

Ia mencontohkan seperti sampah yang muncul di kawasan Jembatan BBS, Kabupaten Bandung Barat saat itu merupakan sampah lama yang naik ke permukaan. "Jadi artinya pola pikir dan perilaku yang salah itu sudah lama terjadi dan kita harus mulai (mengubah) sekarang. Kita jadikan momentum pada peringatan ini sebagai perubahan perilaku kita semua, termasuk terus mengedukasi masyarakat," paparnya. 

Selain itu, Bey mengatakan, PBB telah memperingatkan dalam lima tahun ke depan suhu akan mencapai rekor tertinggi dan tahun ini merupakan periode suhu terpanas. "Ini semua harus kita antisipasi bersama, salah satunya dengan menjaga emisi gas rumah kaca," katanya. 

Bey mengapresiasi di tahun 2023, capaian akumulatif penurunan emisi gas rumah kaca di Jabar mencapai 7,25 persen melebihi target nasional 5,22 persen. Ia pun memberikan arahannya terkait Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) pada 2023 di Jabar yang berada pada kriteria sedang yang hanya naik  0,11 poin. 

"Saya minta Bupati, Wali Kota dan seluruh dinas terkait beserta jajaran untuk menelusuri apa yang kurang, cek ke lapangan dan cari terobosan," katanya. 

Bey berharap pada momentum peringatan itu dapat dijadikan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian kelestarian lingkungan.  "Kita jadikan momentum pada peringatan ini sebagai perubahan perilaku kita semua, termasuk terus mengedukasi masyarakat," kata Bey.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement