Kamis 20 Jun 2024 22:14 WIB

Gol Injury Time Luka Jovic Selamatkan Serbia dari Kekalahan Lawan Slovenia

Serbia masih berpeluang ke babak 16 besar, minimal lewat jalur tim peringkat ketiga.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Serbia Luka Jovic merayakan golnya ke gawang Slovenia yang menjaga asa Serbia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2024.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Penyerang Serbia Luka Jovic merayakan golnya ke gawang Slovenia yang menjaga asa Serbia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serbia selamat dari menderita kekalahan kedua pada ajang Euro 2024 saat menghadapi Slovenia. Di ambang kekalahan setelah tertinggal 0-1 dari Slovenia hingga memasuki waktu tambahan, Luka Jovic tampil sebagai pahlawan. Golnya pada menit 90+5 membuat skor akhir 1-1 tercipta di Allianz Arena, Munchen, Kamis (20/6/2024) malam WIB.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, kedua tim berusaha memecah kebuntuan pada paruh kedua. Pada menit ke-59, kiper Serbia Predrag Rajkovic, melakukan penyelamatan gemilang menepis tendangan keras Benjamin Sesko.

Baca Juga

Slovenia lebih dulu memecah kebuntuan pada menit ke-69 lewat Zan Karnicnik. Gol ini berawal dari serangan balik cepat Slovenia. Karnicnik memberi umpang panjang kepada Elsnik di sisi kanan pertahanan Serbia.

Elsnik kemudian melepaskan umpan ke kotak pinalti yang disambut oleh Karnicnik yang berlari cepat dan lolos dari pengawalan pemain belakang lawan untuk membobol gawang Serbia.

Serbia yang tak mau tersisih lebih cepat merespons. Pada menit ke-72 tendangan Aleksandar Mitrovic dari dalam kotak pinalti masih mengenai tiang gawang Slovenia yang dikawal Jan Oblak.

Menit ke-82, tendangan pemain pengganti Serbia Lazar Samardzic masih melebar di kiri gawang Slovenia. Empat menit berselang giliran tendangan keras Ival Ilic yang diblok pemain belakang Slovenia.

Upaya mati-matian Serbia akhirnya terbayar lima menit memasuki tambahan waktu. Sundulan Jovic melanjutkan tendangan pojok berhasil menjebol gawang Jan Oblak untuk membuat skor imbang 1-1.

Hasil ini masih menempatkan Serbia di dasar klasemen Grup C dengan nilai satu. Slovenia naik ke posisi kedua dengan nilai dua. Inggris memimpin di puncak dengan nilai tiga, sementara Denmark mengantongi nilai satu.

Posisi di klasemen akan berubah tergantung hasil akhir laga Denmark vs Inggris yang berlangsung sebentar lagi. Jika Inggris menang, the Three Lions akan lolos ke babak 16 besar dan akan membuat persaingan di Grup C sengit. Inggris akan bertemu Slovenia pada laga terakhir dan Denmark akan menghadapi Serbia. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement