Jumat 21 Jun 2024 06:49 WIB

Spalletti Nilai Alur Bola Lamban Jadi Penyebab Kekalahan Italia dari Spanyol

Italia dikalahkan Spanyol 0-1 pada laga kedua Grup B Euro 2024.

Red: Israr Itah
Pelatih Italia Luciano Spalletti
Foto: Fabio Ferrari/LaPresse via AP
Pelatih Italia Luciano Spalletti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Italia Luciano Spalletti menilai timnya mendistribusikan bola begitu lamban yang menjadi penyebab kekalahan dari Spanyol. Italia gagal menyegel tiket ke babak 16 besar lebih cepat usai dibungkam Spanyol 0-1 dalam pertandingan kedua Grup B Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB.

"Kami lamban malam ini. Itulah alasan utama kekalahan ini terjadi. Kami perlu menyelesaikan masalah tetapi alasan utama kami berjuang adalah karena kami (mendistribusikan bola) lamban," ujar Spalletti dikutip dari laman resmi Euro 2024, Jumat.

Baca Juga

Ia mengakui dominasi Spanyol atas timnya. Italia berusaha, tapi tak bisa menyamai dominasi lawan. "Mereka pantas memenangkan pertandingan. Kami tidak pernah berada dalam pertandingan selain 20 menit terakhir," kata Spalletti.

Italia harus gigit jari usai Riccardo Calafiori salah mengantisipasi umpan silang dari penyerang Spanyol, Nico Williams pada menit ke-54. Gol bunuh diri dari Calafiori gagal disamakan oleh Jorginho dan kawan-kawan sehingga La Roja mengamankan tiga poin penuh.