Jumat 21 Jun 2024 19:22 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko

Tinggalkan Tanah Suci, Jamaah Haji: Bahagia Namun Sedih

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia mulai meninggalkan Kota Makkah dan bergeser ke Madinah untuk pulang ke Tanah Air. Kloter SOC 02 asal Temanggung dan Magelang menjadi jamaah pertama yang akan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id pada Jumat (21/6/2024) pagi, ratusan jamaah Kloter SOC 02 tampak menunggu di dekat pintu keluar Hotel 412 di wilayah Raudhah, Makkah. Mereka bersiap untuk naik ke bus yang telah disiapkan petugas.

Sesaat akan naik bus, salah satu jamaah asal Temanggung tampak gembira setelah menunaikan ibadah haji. Namun, ia juga mengaku sedih lantaran akan meninggalkan Kota Suci Makkah.

"Bahagia namun sedih harus meninggalkan Makkah," ucap jamaah berpeci hitam itu sembari naik ke atas bus.

Jamaah lainnya, Kurnia Nur (44 tahun) menangis bahagia setelah menunaikan ibadah haji dan akan pulang ke Tanah Air. "Alhamdulillah senang sekali bisa ke Baitullah. Apapun tidak ada kendala yang berarti, semuanya bisa teratasi dnegan aman fan nyaman. Kami jamaah merasa sangat dimuliakan," ujarnya sembari menyeka air matanya.

Bahkan, lanjut dia, para petugas haji yang ditemuinya semuanya baik dan ramah. Karena itu, dia pun berterimakasih kepada Kementerian Agama (Kemanag) yang telah memberikan layanan terbaik dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

"Terimakasih Kemenag, terimakah para petugas haji semoga menjadi amal saleh," katanya.

Sementara itu, Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) menjelaskan, untuk keberangkatan pertama jamaah haji ke Madinah ada beberapa kloter. Di antaranya adalah Kloter SOC 02.

"SOC 02 ini dari Kabupaten Temanggung dan sebagian dari Magelang ya. Alhamdulillah seluruh persiapan kaitan dengan rencana kepulangan ini sudah siap," ujar Arsyad saat ditemui di lokasi.

Karena jamaah Kloter SOC 02 ini masuk kategori keberangkatan awal, maka barang-barang bagasi jamaah sudah ditimbang sejak sebelum berangkat melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

"Jadi ini sudah selesai tinggal tas kabin saja yang ukurannya maksimal tujuh kilogran," ucap Arsyad.

Jumlah jamaah Kloter SOC 02 yang akan pulang ke Tanah Air ini berjumlah 360 jamaah ditambah dengan lima petugas haji. Dia pun bersyukur jamaah haji yang tergabung dalam kloter ini tidak ada satu pun jamaah yang wafat selama melaksanakan proses ibadah haji.

"Tidak ada satupun yang wafat. Alhamdulillah ini luar biasa. Jadi kloternya solid, mereka juga luar biasa menjaga betul dan ikut aturan-aturan yang disampaikan oleh Kementerian Agama," kata Arsyad.

Beberapa jamaah yang terganggu kondisi kesehatannya juga tidak melaksanakan ibadahnya sendiri, tapi disafi wujufjan. "Kmudian ada juga jamaah yang mungkin karena kondisi lelah mereka juga tidak melaksanakan sendiri, dibadalkan beberapa bagian daripada rangkaian ibadah hajinya," jelas Arsyad. 

Videografer & Video Editor: Muhyiddin