Sabtu 22 Jun 2024 15:58 WIB

Kuba Ikut Afrika Selatan Gugat Israel di Mahkamah Internasional

Kuba jadi negara ke-14 yang menggugat Israel di Mahkamah Internasional.

Red: Fitriyan Zamzami
Pemuda Kuba dan pelajar Palestina berpartisipasi dalam aksi solidaritas terhadap rakyat Palestina di Havana, Kuba, 23 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/Ernesto Mastrascusa
Pemuda Kuba dan pelajar Palestina berpartisipasi dalam aksi solidaritas terhadap rakyat Palestina di Havana, Kuba, 23 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, HAVANA – Kuba telah memutuskan untuk ikut serta dengan Afrika Selatan menggugat  di Mahkamah Internasional (ICJ) atas dugaan genosida Israel di Jalur Gaza. Ditambah Kuba, sejauh ini 14 negara telah bergabung dalam gugatan terhadap Israel tersebut.

Kementerian Luar Negeri Kuba mengatakan negara itu ingin “berkontribusi sebanyak mungkin untuk mengakhiri genosida yang dilakukan terhadap rakyat Palestina”.

Baca Juga

“Israel, dengan impunitas total, dilindungi oleh keterlibatan pemerintah AS, mengabaikan kewajibannya sebagai Kekuatan Pendudukan berdasarkan Konvensi Jenewa Keempat,” kata kementerian tersebut dalam lansiran pada Jumat dilansir Anadolu Agency.

Menurut Radio Havana Cuba, berdasarkan kewajibannya terhadap Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida, Kuba akan menggunakan haknya sebagai negara ketiga untuk menyampaikan interpretasinya terhadap konvensi tersebut, yang menurut Kuba telah dilanggar secara terang-terangan oleh Israel di Gaza. 

Kuba mengatakan genosida, apartheid, pemindahan paksa, dan hukuman kolektif tidak mempunyai tempat di dunia saat ini dan tidak boleh ditoleransi oleh masyarakat internasional. Mereka menyerukan keadilan dan kepatuhan terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang keputusan terbarunya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasinya di Rafah, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserbu pada bulan Mei.

Mencemooh resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober.

Lebih dari 37.000 warga Palestina telah terbunuh di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 85.000 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat. Lebih dari delapan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Afrika Selatan mengajukan kasusnya terhadap Israel pada Desember, menuduhnya melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza. Kasus Afrika Selatan yang diajukan ke pengadilan PBB di Den Haag berpendapat bahwa Israel melanggar Konvensi Genosida 1948, yang ditetapkan setelah Holocaust dan mewajibkan semua negara untuk mencegah terulangnya kejahatan serupa. Kasus-kasus seperti ini memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

Semua negara yang menandatangani Konvensi Genosida 1948 wajib untuk tidak melakukan genosida dan juga mencegah dan menghukumnya. Perjanjian tersebut mendefinisikan genosida sebagai “tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama”.

Negara-negara dapat melakukan intervensi dalam suatu kasus di hadapan ICJ jika mereka mempunyai kepentingan yang bersifat hukum yang dapat terpengaruh oleh keputusan dalam kasus tersebut. Mereka dapat mengajukan permohonan kepada pengadilan agar diizinkan melakukan intervensi, yang kemudian dapat diputuskan oleh pengadilan.

Sejumlah negara sebelumnya telah bergabung atau menyatakan niatnya untuk bergabung dalam kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel. Diantaranya Nikaragua, Belgia, Kolombia, Turki, Libya, Mesir, Maladewa, Meksiko, Irlandia, Cile, Palestina, Spanyol, dan yang terkini Kuba.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement