Sabtu 22 Jun 2024 18:59 WIB

Menjalin Kehidupan Harmonis: Jadwal Sholat Hari Ini, 22 Juni 2024, di Padang

Allah SWT juga menegaskan pentingnya sholat dalam Al-Qur'an.

Red: Muhammad Hafil
Sholat berjamaah (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Sholat berjamaah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG --Dalam kehidupan seorang Muslim, sholat memiliki peran yang sangat sentral. Sholat bukan hanya sekedar aktivitas rutin yang harus dijalani, namun juga merupakan bentuk komunikasi mendalam dengan Sang Pencipta. Rasulullah ﷺ menerangkan dalam haditsnya, "Sholat adalah tiang agama; barang siapa mendirikannya sungguh ia telah menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya sungguh ia telah merobohkan agama." (HR. Baihaqi).

Allah SWT juga menegaskan pentingnya sholat dalam Al-Qur'an, "Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (QS. Al-Ankabut: 45). Dengan melaksanakan sholat lima waktu secara tepat dan khusyuk, umat Muslim diharapkan mampu mempertahankan kehidupan yang lurus dan harmonis, baik secara personal maupun sosial.

Baca Juga

Jadwal sholat merupakan hal yang esensial diketahui setiap Muslim agar ibadah yang dijalankan tetap berada di jalur yang tepat. Berikut jadwal sholat untuk wilayah Padang hari ini, 22 Juni 2024, dalam zona waktu WIB:

- Shubuh: 04:57

- Dhuhur: 12:23

- Ashar: 15:49

- Maghrib: 18:25

- Isya: 19:39

Pelaksanaan sholat dengan ketepatan waktu memiliki banyak hikmah, di antaranya melatih disiplin diri, menurunkan tingkat stres, dan mendatangkan ketenangan hati. Dalam keseharian yang kian padat, sholat menjadi momen penting untuk beristirahat sejenak dari rutinitas duniawi, menyegarkan kembali pikiran dan hati dengan berdzikir kepada Allah.

Masyarakat modern seringkali larut dalam kesibukan yang tiada henti, hingga kadang melalaikan kebutuhan spiritual mereka. Oleh karena itu, memperhatikan jadwal sholat dan berkomitmen menjalankannya tepat waktu adalah salah satu solusi untuk tetap terkendali di tengah hiruk pikuk kesibukan.

Pemimpin keluarga juga dianjurkan untuk senantiasa mengingatkan anggota keluarganya tentang pentingnya sholat. Rasulullah ﷺ bersabda, "Perintahkanlah anak-anak kalian untuk melaksanakan sholat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika tidak mau melaksanakan sholat ketika sudah berusia sepuluh tahun." (HR. Abu Dawud). Dengan demikian, keluarga menjadi pondasi kuat dalam menegakkan ibadah kepada Allah SWT.

Sebagai penutup, marilah kita semua memperbaharui niat dan semangat dalam menjalankan ibadah sholat. Semoga dengan kepatuhan kita kepada jadwal sholat yang telah ditentukan, kita dapat mencapai ketenangan hidup dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Artikel ini dibuat oleh AI.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement