Sabtu 22 Jun 2024 21:54 WIB

Konsentrat Tembaga Freeport Sudah Tiba di Smelter Baru di Gresik

PTFI memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga dari Pelabuhan Amamapare ke Gresik

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
PT Freeport Indonesia
Foto: ptfi.co.id
PT Freeport Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily mengangkut konsentrat tembaga perdana dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah bersandar di pelabuhan Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Jumat (21/6 2024). Kapal ini membawa total 22 ribu ton konsentrat tembaga.

Perinciananya, sebanyak 10 ribu ton dimurnikan di smelter pertama PTFI yaitu PT Smelting. Kemudian 12 ribu ton sisanya menjadi pasokan utama smelter baru PTFI yang beroperasi bulan Juni 2024 ini.

Baca Juga

"Selanjutnya konsentrat dipindahkan dan ditempatkan dalam Concentrate Barn sebelum diproses lebih lanjut nantinya di Flash Smelting Furnace (FSF)," demikian laporan yang dikutip dari siaran pers PTFI, Sabtu (22/6/2024).

PTFI memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga dari Pelabuhan Amamapare ke Gresik. Pengiriman tersebut berlangsung pada Kamis (13/6/2024). Artinya kurang lebih pelayana memakan waktu delapan hari.