Ahad 23 Jun 2024 15:16 WIB

Gagal UTBK SNBT, Harus Ngapain?

Ribuan calon mahasiswa berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Red: Gita Amanda
Setiap tahunnya, ribuan calon mahasiswa berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Setiap tahunnya, ribuan calon mahasiswa berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap tahunnya, ribuan calon mahasiswa berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT). Namun, tidak semua bisa lolos tes ini.

Bagi yang gagal UTBK SNBT, perasaan kecewa dan putus asa mungkin muncul. Namun, kegagalan ini bukanlah akhir dari segalanya. Ada beberapa langkah alternatif yang bisa diambil untuk tetap melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil bagi yang gagal dalam UTBK SNBT:

1. Evaluasi diri

Tinjau kembali hasil UTBK kamu dan identifikasi di mana kurangnya. Apakah ada materi tertentu yang kurang dikuasai. Renungkan persiapan dan usaha yang telah Anda lakukan. Apakah ada strategi belajar yang bisa diperbaiki?

Pahami juga kekuatan dan kelemahan untuk perbaiki masa depan. Ambil pelajaran dari pengalaman untuk mempersiapkan diri lebih baik ke depannya.

2. Masuk PTS berkualitas

Banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berkualitas yang menawarkan program studi unggulan dan fasilitas yang memadai. Di Jakarta, punya banyak PTS terkemuka salah satunya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM).

UNM sebagai Kampus Digital Bisnis membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru S1dan S2 yang mulai perkuliahan September 2024 nanti. Selain itu, UNM juga menyediakan program studi S1 Sistem Informasi, Sains Data, Manajemen, Informatika, Bisnis Digital serta Ilmu Komputer untuk jenjang S2.

Kampus ini juga ada di beberapa lokasi diantaranya di Kramat (Jakarta Pusat), Jatiwaringin (Jakarta Timur), Margonda (Depok) serta di Tangerang. Kalian juga ingin masuk di UNM, bisa lewat jalur beasiswa yang info lengkapnya bisa cek di laman ini https://nusamandiri.info/beasiswa/.

Masa depan masih penuh dengan peluang, dan setiap langkah yang diambil akan membawa dalam tujuan sesungguhnya. Untuk mencapainya, segera kuliah di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan daftar melalui https://pmb.nusamandiri.ac.id/ atau download PMB Nusamandiri di Playstore.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement